Pengaruh green marketing mix dan corporate social responsibility terhadap niat beli

Maulana Suef, Saida Zainurossalamia ZA, Sugeng Raharjo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Green Marketing Mix dan Corporate Social Responsibility terhadap Niat Beli. Penelitian ini menggunakan 90 konsumen maupun member yang menggunakan produk Tupperware Di Kabupaten Kutai Kertanegara sebagai sampel secara acak sederhana. Analisis dilakukan dengan menggunakan model persamaan struktural (SEM) dan diolah dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS) 3.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Green Marketing Mix dan Corporate Social Responsibility berpengaruh secara simultan terhadap niat beli produk Tupperware Di Kabupaten Kutai Kertanegara. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi perusahaan manufaktur lainnya agar lebih mengedepankan kelestarian lingkungan dengan meminimalisir limbah hasil produknya.


Keywords


Green marketing mix; corporate social responsibility; niat beli

References


Al-Bakry, T. 2007. Marketing and Social Responsibility (in Arabic), 1st. ed. Dar Wael, Amman Jordan.

Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung.

Assuari, Sofjan. 1999. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Cetakan keenam. Rajawali Pers. Jakarta.

Aprilisya, Ni Putu Eka, Ni Nyoman Kerti Yasa dan I Gusti Ayu Ketut Giantrari. 2017. Peran Sikap Memediasi Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan. E-Jurnal Manajemen Unud 6 (4): 1701

Budiarto, Teguh dan Ciptono, Fandy. 1997. Pemasaran Internasional. Edisi pertama. BPFE. Yogyakarta.

Choiri, M Abdul Muid Al dan Mochamad Nurhadi. 2019. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial terhadap Niat Beli dengan Mediasi Citra Merek pada Produk Telkom. Journal of Business and Banking 8 (2) April: 340.

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.

Eka, Noviasari Dewi, Naili Farida dan Sari Listyorini. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Perceived Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ulan Dengan Corporate Image Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Social and Politic. 2.

Elkington, H. dan J. Makower. 1998. The Green Cosumers. New York: Penguin Books.

Febriani, Stevany. 2019. Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Green Product Purchase Intention Pada Produk Innisfree Di Jakarta Dengan Consumer’s Attitude Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan 03 (1) Januari: 50-51.

Fotopoulos, C. dan K. Athanassions. 2002. Purchasig Motives and Profie Of The Greek Organic Consumer: A Countriwide. British Food Journal 104(9): 730-765.

Hanifah, Ayu Devi, Zainul Arifin dan Kadarisman Hidayat. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Berwawasan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis 32 (2) Maret: 25.

Hashem, Tareq N. dan Al-Rifai. 2011. The influence of applying green marketing mix by chemical industries companies in three Arab States in West Asia on consumer's mental image. International Journal of Business and Social Science. Vol. 2 No. 3.

Islam, Darul. 2018. Tinjauan Penerapan Konsep Green Marketing Dalam Pelestarian Lingkungan. Jurnal Pamator 11 ()1) April: 13-15.

Junaedi, M.F.S. 2005. Pengaruh Kesadaran Lingkungan Pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Konsumen Berwawasan Lingkungan. Benefit, vol. 9, No. 2. Desember, pp: 189-201.

Kampani, Poppy, Srikandi Kumadji dan Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Green Marketing Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Mobil 12 (1) Juli: 2.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium Indonesia. Jilid 2. PT. Prenhallindo, Jakarta.

¬¬¬¬¬Kotler, Philip dan Keller, Kevin, Lane. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Edisi 12. PT.Indeks. Jakarta.

Kusuma, Irma Dwi dan Nindria Untarini. 2014. Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen 2 (4). Oktober: 1576.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Loureiro, M. L., J.J. McCluskey dan R.C. Mittelhammer. 2002. Will Cunsumers Pay A Premium for Eco-Labeled Apples? Journal of Consumer Affairs 36(2): 203-219.

Mahardika, Ayu Anastasya dan Saino. 2014. Analisis faktor yang mempengaruhi Niat Beli Di Zalora Online Shop. Jurnal Ilmu Manajemen 2 (3). Juli: 919.

Manongko, Allen A. Ch. 2018. Green Marketing (Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory of Planned Behavior). Cet I. Manado: Yayasan Makaria Waya.

Monalisa, Theresia. 2015. Pengaruh Etnosentrisme Konsumen Kota Malang Terhadap Niat Beli Buah Lokal. Parsimonia 2 (2) Agustus: 25.

Nurhadi. 2019. Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Human Falah 6 (2) Juli: 144-145.

Ramanakumar, K.P.V., Manojkrishnan, C.G,& Suma, S. R. 2012. Consumer Attitude Towards Green Products of FMCG Sector: An Empirical Study. InternationalJournal of Research In Commerce &Management 3 (2) Februari: 34.

Semuel, Hatane dan Elianto Wijaya. 2008. Corporate Social Responsibillity, Purchase Intention dan Corporate Image Pada Restoran Di Surabaya Dari Perspektif Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran 3 (1) April: 36-39.

Shamdasani, P., G. Chon-Lin dan D. Richmond. 1993. Exploring Green Consumers in Oriental Culture: Role of Personal and Marketing Mix Factors. Advance in Consumer Reasearch 20(1): 488-493.

Silvia, Fadilatul, Achmad Fauzi D.H dan Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis 14 (1) September: 2.

Singh, P. B. & Pandey, Kamal K. 2012. Green Marketing: Policies and Practices for Sustainable Development. A Journal of Management. 5 (1)

Suarjana, I Kadek Alit dan Gede Suparna. 2019. Pengaruh Sikan dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Produk Sepatu League. E Jurnal Manajemen 8 (10): 6284.

Swastha DH, Basu dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern, edisi kedua. Liberty. Yogyakarta.

Tan, B. C. Dan T. C.Lau. 2010. Attitude Towards The Enviroment and Green Products: Consumer’s Perspective. Management Science adn Engineering 4(2): 27-39.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.9618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com