Pengaruh keadilan organisasional, kepercayaan organisasional, dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior

Friska Shellidya, Sukisno S. Riadi, Triana Fitriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keadilan Organisasional, Kepercayaan Organisaional, dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior pegawai dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah PNS pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Barat dengan pengambilan sampel menggunakan metode Hair dengan hasil 60 responden. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Keadilan Organisasional, Kepercayaan Organisaional, dan Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pegawai. Selain itu R2 menunjukkan bahwa 27,90% Organizational Citizenship Behavior Pegawai (Y) pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Barat dipengaruhi oleh Keadilan Organisasional, Kepercayaan Organisaional, dan Kepuasan Kerja.



Keywords


Keadilan organisasional; kepercayaan organisasional; kepuasan kerja; organizational citizenship behavior

References


Allison. 2001. Pengantar Psikologi. Interaksara. Batam.

Darmawati, Hidayati, dan Herlina. 2013. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior, Studi Pada Karyawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Makalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Debora. 2006. Pengaruh Pemberdayaan Kerja dan Psikologis Terhadap Kepercayaan Organisasional dan Kepuasan Kerja Dosen Tetap Perguruan Tinggi Swasta, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 8 (2) September: 61-71.

Greenberg, J. and Baron, R. A. 2005. Behavior in Organization, Understanding And Managing The Human Side of Work. Third Edition. Massachuscets: Allin and Bacon.

Hair, e al. 2006. Multivariate Data Analysis 6th Ed. Pearson Education. New Jersey.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi,(AlihBahasa V. A Yuwono, dkk), Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta: ANDI.

Nawawi, Hadari. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratiwi, Indhira. 2013. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Keadilan Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening, Skripsi Pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang: tidak dipublikasikan.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com