Pengaruh harga, tempat dan promosi terhadap kepuasan konsumen

Nanda Ayu Rahmawati, Yohanes Kuleh

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk menguji apakah Pengaruh Harga, Tempat dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada pembelian produk di aplikasi Gojek di samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Harga, Tempat dan Promosi, sementara variabel terikat adalah Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilakukan pada aplikasih Gojek di Samarinda yang terdiri dari 80 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menguji Pengaruh Harga, Tempat dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen. Analisis data menggunakan program Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan Harga berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, sedangkan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Gojek di Kota Samarinda.


Keywords


Harga; tempat; promosi; kepuasan konsumen

References


Abdiillah, W., & Jogiyanto. (2015). " Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Andi Offset.

Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi (I. Fahmi, ed.). Bandung: Alfabeta.

Ali Qalati, S., Wen Yuan, L., Iqbal, S., Yassir Hussain, R., & Ali, S. (2019). Impact of Price on Customer Satisfaction: Mediating Role of Consumer Buying Behaviour in Telecom Sector. International Journal of Research, 06(04).

Alipour, M., Pour, B. M., & Darbahaniha, A. (2018). The Effects of the 7P Marketing Mix Components on Sporting Goods Customer Satisfaction. International Journal of Business and Management Invention, 7(1), 2026.

Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anzar Susanti, D. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Pelayanan, dan Kualitas Produk Online Terhadap Kepuasan Konsumen Online Secara Syariah. Analytica Islamica, 5(2), 368393.

Bawa, M. I. M., & Shameen, A. (2016). The Impact Of Marketing Mix On Customer Satisfaction Towards Laptop Industry. (November 2015).

Budiyanto, A. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di Pt. Yerry Primatama Hosindo. 1(3), 7180.

Cristo, M., Saerang, D. P. E., & Worang, F. G. (2017). The Influence of Price, Service Quality, and Physical Environment on Customer Satisfaction. Case Study Markobar Cafe Mando. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 678686.

Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Deepublish, (9), 223. Retrieved from http://www.stiepignatelli.ac.id/foto_berita/files/9. Buku pemasaran.pdf

Esaki, K. (2013). Analysis of Influence of Price to Customer Satisfaction Based on the Prediction Models. Scientific Research, 2013(May), 93102.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 3140. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). PEMASARAN JASA (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen (5, ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginantra, K. G., Lestari, N. P. N. E., Gorda, A. E. S., & Arma, G. S. (2018). Effects of Promotion, Product Quality, Brand Image and Price on Customer Satisfaction and Brand Switching Decision (A Case Study on Xl Cellular Card Users in Denpasar City, Bali, Indonesia). International Journal of Management and Economics Invention, 3(12), 15141523. https://doi.org/10.18535/ijmei/v3i12.03

Hamdun, E. K., & Romadhani, D. A. (2016). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Roti Fatimah Bakery Di Situbondo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH Vol. 14, No. 2, November 2016:31-48.

Hanaysha, J. R. (2017). Impact of Social Media Marketing , Price Promotion , and Corporate Social Responsibility On Customer Satisfaction. 114. https://doi.org/10.1177/2278682117715359

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Heryanto, I. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Ekonomi, Bisnis & Enterpreneurship, 9(2), 80101.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Jogiyanto. (2009). Sistem Informasi Teknologi. Yogyakarta: ANDI Offset.

Khan, S., & Afsheen, S. (2012). Determinants of Customer Satisfaction in Telecom Industry - A Study of Indian Telecom Industry. SSRN Electronic Journal, 12(1). https://doi.org/10.2139/ssrn.2277570

Konuk, F. A. (2019). Journal of Retailing and Consumer Services The in Fluence of Perceived Food Quality, Price Fairness , Perceived Value and Satisfaction on Customers Revisit and Word-Of-Mouth Intentions Towards Organic Food Restaurants. 50(May), 103110. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.05.005

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle Of Marketing (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing Global Edition Global (16th ed.).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Global Edition. In Pearson Education Limited (17th ed.).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2 (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Small Business Marketing (15th ed.). https://doi.org/10.1007/978-1-137-32601-0_12

Kurniawan, M., & Hildayanti, S. K. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), 86. https://doi.org/10.35908/jeg.v4i2.757

Listiawati, Afriani, R. I., & Solehan, T. (2017). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT. Indomaret Suralaya, Merak-Banten. RISET AKUNTANSI TERPADU, 10(2), 256270.

Malik, M. E., Ghafoor, M. M., & Iqbal, H. K. (2012). Impact Of Brand Image , Service Quality and Price On Customer Satisfaction In Pakistan Telecommunication Sector. International Journal of Business and Social Science, 3(23), 123130.

Marlina, D., Wardi, Y., & Patrisia, D. (2019). Effect of Marketing Mix on Customer Satisfaction and Loyalty PT.TIKI Padang Branch. 64, 893900. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.57

Moslehi, H., & Haeri, F. A. (2016). Effects of Promotion on Perceived Quality and Repurchase Intention. 4(12), 457461.

Mursid, M. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: BUMI AKSARA.

Naibaho, E. R., Fauzi, A., & Sadalia, I. (2020). The Effect of Marketing Mix on Satisfaction of Customer Insurance Products Unit Link ( Empirical Study in PT AIA Financial Branch Phoenix Medan ). International Journal of Research and Review, 7(February), 4755. Retrieved from www.ijrrournal.com

Niharnika. (2015). Effect Of Marketing Mix On Customer. International Journal of Science, Technology & Management, (04), 7381.

Nurhayani, & Suryano, D. (2019). Strategi Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: CV Penerbit Qiara Media.

Omotayo, O. (2011). Sales Promotion and Consumer Loyalty: A Study of Nigerian Tecommunication Industry. (4), 6677.

Paniandi, A., Albattat, A. R., Bijami, M., Alexander, A., & Balekrisnan, V. (2018). Marketing Mix and Destination Image , Case Study: Batu Caves as a Religious Destination. Journal of Tourism, Culture and Territorial Development, 165–186. https://doi.org/https://doi.org/10.6092/issn.2036-5195/7246

Prianggoro, N. F., & Arifin Sitio. (2019). Effect of Service Quality and Promotion on Purchase Decisions and Their Implications on Customer. 6(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.3251747

Purnamasari, I., Anindita, R., & Setyowati, P. B. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Habitat, 29(2), 5764. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7

Putri, I. G. A. A. P. A. W. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gober Gadget Pocanan Di Kota Kediri. Simki-Economic, 01(10).

Rasmansyah. (2017). The Effect Of Service Quality and Promotion To Customer Satisfaction and Implication Of Customer Loyalty in Vehicle Financing Company In Jakarta Indonesia. International Journal of Advanced Scientific Research, 2(6), 2230.

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact Of Product Quality and Price On Customer Satisfaction With The Mediator Of Customer Value. An International Peer-Reviewed Journal, 30(2012), 5968. Retrieved from www.iiste.org

Rizal, A. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish.

Saidani, B., & R. Sudiarditha, I. K. (2019). Marketing Mix-7Ps: The Effect On Customer Satisfaction. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 7(1), 7286. https://doi.org/10.21009/jpeb.007.1.7

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Sah Media.

Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada KOPIMA USM). Ekonomi, 13(2).

Simangunsong, B., Sitompul, D., & Sadalia, I. (2018). The Effect of Marketing Mix on Loyalty Through Customer Satisfaction in PT. Merck Tbk Cabang Medan. KnE Social Sciences, 3(10), 486496. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3397

Singh, M. (2012). Marketing Mix of 4P S for Competitive Advantage. 3(6), 4045.

Subaebasni, S., Risnawaty, H., & Wicaksono, A. R. A. (2019). International Review of Management and Marketing Effect of Brand Image, the Quality and Price on Customer Satisfaction and Implications for Customer Loyalty PT Strait Liner Express in Jakarta. International Review of Management and Marketing, 9(1), 9097. https://doi.org/10.32479/irmm.7440

Sudarso, A., & Tamrin, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Sowe Bistro Medan.

Sunyoto, D., Eka, F., & Susanti. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa: Merencanakan, Mengelola, dan Membidik Pasar Jasa. Yogyakarta: CAPS.

Suryati, L. (2019). Manajemen Pemasaran Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. In U. P. Hastanto & R. Selvasari (Eds.), Hakikat Pemasaran (pp. 12). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Sutojo, S. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Darmar Mulia Pustaka.

Wahab, N. A., Hassan, L. F. A., Shahid, S. A. M., & Maon, S. N. (2016). The Relationship Between Marketing Mix And Customer Loyalty In Hijab Industry: The Mediating Effect Of Customer Satisfaction. Procedia Economics and Finance, 37(16), 366371. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30138-1

Wahyusetyawati, E. (2017). Dilema Pengaturan Transportasi Online. Jurnal RechtsVinding, (April), 14. Retrieved from https://rechtsvinding.bphn.go.id

Yulisetiarini, D., & Prahasta, Y. A. (2019). The Effect of Price, Service Quality, Customer Value, and Brand Image on Customers Satisfaction of Telkomsel Cellular Operators In East Java Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 59.

Zhang, Q., & Prasongsukarn, K. (2017). A Relationship Study of Price Promotion , Customer Quality Evaluation , Customer Satisfaction and Repurchase Intention: A Case Study Of Starbucks In Thailand. IASTEM Internasional Conference, (9), 3639. Retrieved from http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ijbm/article/view/39568




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.9549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com