Pengaruh persepsi negara asal dan ethnosentrism konsumen terhadap evaluasi produk pada smartphone

Fitri Anto, Saida Zainurossalamia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh persepsi Negara asal dan ethnosentrisme konsumen terhadap evaluasi produk Samsung galaxy di samarinda. jenis penelitian ini adalah kuantitatif. variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi Negara asal (CO) dan ethnosentrisme konsumen, sedangkan variable terkait adalah evaluasi produk. subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah  smartphone android Samsung galaxy. Populasi dalam penelitian ini adalah  konsumen yang pernah membeli atau sedang menggunakan smartphone Samsung galaxy yang berada di samarinda, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil yang di proleh dalam penelitian menunjukan bahwa (1) persepsi Negara asal (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap evaluasi produk. Hasil menyatakan bahwa persepsi Negara asal dapat menimbulkan evaluasi produk, (2) ethnosentrisme konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap evaluasi produk. Hasil menyatakan bahwa eethnosentrisme konsumen dapat menimbulkan evaluasi produk.

Keywords


Persepsi negara asal; ethnosentrisme konsumen; evaluasi produk

References


Amine, L.S., Chao, M., & Arnold, M. (2005). Exploring the Practical Effects of Country of Origin, Animosity, and Price-Quality Issues: Two Case Studies of Taiwan and Acer in China. Journal of International Marketing, 13 (2), 114-150.

Bandyopadhyay Soumava (2014) Country-of-Origin Perceptions, Consumer Ethnocentrism, and Product Evaluations in the Indian Market. Journal of International Marketing 5 (9) 21-30.

Statistika “market share smartphoneâ€. https://www.statistika.com. diakses tanggal 20 mei 2018.

Klein, J.G., Ettenson, R., & Krishnan, B.C. (2006). Extending the Construct of Consumer Ethnocentrism: When Foreign Products are Preferred. International Marketing Review, 23 (3), 304-321.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin, Lane. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Edisi12. PT.Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1. Edisi 9. PT.Indeks. Jakarta

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedua belas Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

Kusumaningtyas dan Hastjarja. 2006. “Pengaruh Harga, Merek, dan Informasi Toko Pada Evaluasi Konsumen Produk Ponselâ€, Jurnal Fokus Manajerial Vol. 4, No. 1, 23-38.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran; Pendekatan Praktis. Edisi pertama. Graha Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|

Lee, H.M., T. Chen and B.S. Guy, (2014). How the country-oforigin image and brand name redeployment strategies affect acquirer's brand equity after a merger and acquisition. J. Global Market., 27: 191-206.

Listiana, Erna. 2012. Pengaruh Country of Origin terhadap Perceived Quality dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.8, No.1:21–47. Yogyakarta.

Mowen, John C dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Schiffman, Leon G, dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Consumer Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Schooler, R.D. & Sunoo, D.H. (1969). Consumer Perceptions of International Products: Regional vs. National Labeling. Social Science Quarterly, March, 886-890.

Sheng Chung Lo,dkk. (2017).â€Country-of-origin and Consumer Ethnocentrism: Effect on Brand Image and Product Evaluation†Journal of Applied Sciences. Vol. 17 (7) 357-364.

Shankarmahesh, M.N. (2006). Consumer Ethnocentrism: An Integrative Review of Its Antecedents and Consequences. International Marketing Review, 23 (2), 146-172

Sharma, S., Shimp, T.A., & Shin, J. (1995). “Consumer ethnocentrism: A test of antecedents and moderatorsâ€. Journal of the Academy of Marketing Science, 23 (1), 26-37.

Shimp, T.A. & Sharma, S. (1987). Consumer ethnocentrism: Construction and validation of the CETSCALE. Journal of Marketing Research, 24 (August), 280-289

Sugiyono, 2008. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung alfabeta

Wikipedia “android†.http://id.wikipedia.org/wiki/android. diakses tanggal 20 mei 2018




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i2.9482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 
 
JIMM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License