Pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap brand araeness dan dampaknya pada minta beli konsumen

Lisa Indah Pertiwi, Suharno Suharno, Gusti Noorlitaria Achmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap kesadaran merek serta dampaknya terhadap minat beli. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah desain kemasan produk dan daya tarik iklan. Kesadaran merek menjadi variabel penghubung. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat beli. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen yang akan membeli produk Maybelline di samarinda sebanyak 160 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan Software SmartPLS 3.0 sebagai alat penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Kesadaran Merek serta berdampak positif dan signifikan terhadap Minat Beli  konsumen Maybelline di samarinda.


Keywords


Desain kemasan produk; daya tarik iklan; brand awareness; minat beli

References


Aaker, D. (2011). Manajemen Ekuitas Merek : Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek (Cetakan Ke). Jakarta: Penerbit Mitra Utama.

Dewi, D. A. D. P., & Jatra, I. M. (2018). Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli. E- Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 4599–4627.

Ehrenberg, A. S. C., & Nicosia, F. M. (1968). Consumer Decision Processes: Marketing and Advertising Implications. Journal of Marketing Research. https://doi.org/10.2307/3150361

Farooq, S., Habib, S., & Aslam, S. (2015). Influence of Product Packaging on Consumer Purchase Intentions. International Journal of Economics, Commerce and Management, III(12), 538–547.

Ferdinand, A. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta: Seri Pustaka Kunci.

Grossman, R., & Wisenbilt, J. (1999). What we know about consumers’ color choices. Journal of Marketing Practice: Applied Marketing Science, 5(3), 78–88. https://doi.org/10.1108/02652320210446724

Hair Jr, Joseph F; Black, William C; Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis Seventh Edition. https://doi.org/10.1038/259433b0

Immawati, S. A. (2018). Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan terhadap Kesadaran Merek Dan Dampaknya pada Minat Beli Ulang Teh Botol Sosro pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang. 1(5), 487–495.

Jovanovic, P., Vlastelica, T., & Cicvaric Kostic, S. (2016). Impact of Advertising Appeals on Purchase Intention. Management - Journal for Theory and Practice of Management, 21(81), 35–45. https://doi.org/10.7595/management.fon.2016.0025

Kamaruddin, A. R. (2009). Malay culture and consumer decision-making styles: an investigation on religious and ethnic dimensions. Jurnal Kemanusiaan, 14, 37–50.

Keller, K. L. (2001). Building Consumer-based Brand Equity: A Blueprint for Creating Strong Brands. Marketing Management, 14–19.

Khan, M. M., Waheed, S., & Ahmad, N. (2018). Product Packaging and Consumer Purchase Intentions. Market Forces College of Management Sciences, 13(2), 97–114.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Pearson Education Limited. https://doi.org/10.1007/978-1-137-32601-0_12

Kusumasari, A. D., & Supriono, S. (2017). Pengaruh Desain Kemasan Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 49(2), 103–111.

Massie, P. V. (2013). Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian XL Mobile Data Service Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 1474–1481.

Morwitz, V. (2014). Consumers’ purchase intentions and their behavior. Foundations and Trends in Marketing, 7(3), 181–230. https://doi.org/10.1561/1700000036

Mudiantono, A. S. (2016). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Efektifitas Iklan Dan Brand Equity. Diponegoro Journal Of Management, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.1080/14443058409386892

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Ekonomi Manajemen, 2(November), 48–54. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Muharam, A. S., & Sofian, S. (2011). Analisis Pengaruh Desain Kemasan Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Pada Minat Beli Konsumen.

Radityani, A., & Kristanti, M. (2005). Analisa Hubungan Brand Strategy Yang Dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill And Cafe Dan Brand Equity Yang Sudah Diterima Konsumen. Jurnal Ekonomi, 3(1), 43–55.

Rahman, A. A. (2018). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Televisi Produk Pasta Gigi Pepsodent Sensitive Expert Original Terhadap Brand Awareness. Jurnal Manajemen, 8(7), 178–191.

Rosandi, S., & Sudarwanto, T. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Susu Ultra. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), 1–16.

Rundh, B. (2005). The multi-faceted dimension of packaging: Marketing logistic or marketing tool? British Food Journal, 107(9), 670–684. https://doi.org/10.1108/00070700510615053

Sari, N. P., & Widowati, R. (2014). Hubungan Antara Kesadaran Merek, Kualitas Persepsian, Kepercayaan Merek Dan Minat Beli Produk Hijau. Jurnal Manajemen Bisnis, 5(1), 59–79.

Shahid, Z., Hussain, T., Park, N. C., Bagh, T., & Scheme, H. (2017). The Impact of Brand Awareness on The consumers ’ Purchase Brand Knowledge Brand Equity Brand Loyalty Percieved Quality Brand Awareness Brand Image. 33, 34–38.

Stephanie, E., Rumambi, L. J., & Sondang, Y. (2013). Analisa Pengaruh Rio Dewanto dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Rroduk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–9.

Sukmana, L. N., Achmad, G. N., & ZA, S. Z. (2018). Pengaruh efektifitas iklan televisi. Jurnal Manajemen, 9(2), 76. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i2.2477

Suryani, H. (2015). Metode Riset Kuantitatif : Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam Edisi Pertama. Jakarta: PRENADA MEDIA.

Suwandari, L. (2008). Pengaruh Promotional Mix Pada Peningkatan Volume Penjualan Kosmetika Skiva PT. Cosmolab Prima Di Purwokerto. Jurnal Pro Bisnis, 1 No. 2, 45–57.

Tariq, Maryam Tanveer Abbas, Muhammad Abrar, A. I. (2017). EWOM and brand awareness impact on consumer purchase intention : Mediating role of brand image Maryam Tariq Tanveer Abbas * Muhammad Abrar Asif Iqbal. Pakistan Administrative Review, 1(1), 84–102.

Topoyan, M., & Bulut, Z. A. (2008). Packaging Value of Cosmetics Products: An Insight from the View Point of Consumers. Icovacs, 8(February 2016), 183–190. Retrieved from http://kisi.deu.edu.tr/mert.topoyan/dosyalar/topoyan_bulut.pdf




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i2.9471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 
 
JIMM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License