Pengaruh price discount, bonus pack, dan in-store display terhadap impulse buying

Rika Marliani, Syarifah Hudayah, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh price discount, bonus pack dan in-store display  terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Mal Plaza Mulia Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah berbelanja di Hypermart dengan jumlah yang tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu ­non probability sampling dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, bonus pack berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying sedangkan in-store display tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying.


Keywords


Price discount; bonus pack; in-store display; impulse buying

References


Belch, G. E. B., & Belch, M. A. (2012). Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill/Irwin Companies (9th ed.).

Hair, f . J. (2014). Multivariate Data Analysis. Statistica Neerlandica (Edisi 8, Vol. 16). https://doi.org/10.1111/j.1467-9574.1962.tb01184.

Haironi, M. (2018). Pengaruh Discount, Bonus Pack, Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying Produk Obat Nyamuk HIT di Pamella Swalayan Yogyakarta. Journal Ekobis Dewantara, 1(3), 118–126.

I’sana, A. D., & Nugraheni, R. (2013). Analisis Pengaruh Display Produk, Promosi Below The Line, Dan Emosi Positif Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Sriratu Department Store. Diponegoro Journal Management, 2(2), 58–65.

Kotler, P. (2012). Global Marketing Management. Journal of Global Marketing (15th ed., Vol. 22). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited (15th ed.). United States of America.

Kuncoro. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. (H. Wibi, Ed.), Narratives of Therapists’ Lives (Edisi 4). Jakarta. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325

Maymand, M. M., & Ahmadinejad, M. (2011). Impulse buying : the role of store environmental stimulation and situational factors ( An empirical investigation ). African Journal of Business Management, 5(34), 13057–13065.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid 1. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Ngadiman. (2008). Marketing, Jilid 2.

Pratiwi, R. N. A., & Maskan, M. (2019). Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Survey pada Pelanggan Giant Hypermart Mall Olympic Garden). Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 286–289.

Sari, D. R., & Faisal, I. (2018). Jurnal Sains Manajemen dan. Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 51–60.

Solenski, V. (2017). Influence Of Price Discount And Sales Promotion On Impulse Buying Azwa Perfume Pekanbaru. Business Administration Department, 4(2), 1–10.

Waani, R. C. ., & Tumbuan, W. J. F. A. (2015). The Influence Of Price Discount, Bonus Pack, And In-Store Display On impule Buying Decision In Hypermart Kairagi Manado. Economics and Business, 3(3), 420–428.

Wiyono. (2011a). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS & Smart PLS (Edisi Pert). Yogyakarta.

Wiyono, G. (2011b). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS & SMARTPLS (pertama). yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v6i4.9436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 
 
JIMM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License