Pengaruh budaya, sosial dan psikologi terhadap perilaku konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pengaruh Budaya, Sosial dan Psikologi terhadap Perilaku Konsumen pada pembelian produk di coffee shop Republik Coffee Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Budaya, Sosial dan Psikologi, sementara variabel terikat adalah Perilaku Konsumen. Penelitian ini dilakukan pada coffee shop Republik Coffee Samarinda yang terdiri dari 110 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data pada menggunakan kuesioner dengan menguji Pengaruh Budaya, Sosial dan Psikologi terhadap Perilaku Konsumen. Analisis data menggunakan Program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) Statistik versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan Budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen, selanjutnya Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen, sedangkan Psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen pada pembelian produk di coffee shop Republik Coffee Samarinda.
Keywords
References
Ahmaddien, I., & Syarkani, Y. (2019). Dengan Statistika Terapan dengan Sistem SPSS (E.
Warsidi (ed.); 1st ed.). ITB Press.
Akpan, D., & John, S. (2016). The Influence Of Cutural Factors On Consumer Buying Behavior
(a Case Study Of Pork). British Journal of Marketing Studies, 4(6), 44–57.
Ayu, N. D. D., & Widiastuti, T. (2011). Pengaruh Faktor Kebudayaan , Sosial , Pribadi dan
Psikologi terhadap Perilaku Pembelian. Aset, 13(2), 165–174.
Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS),
(1), 69–78.
Bahtia, M. S. (2009). Dictionary of Psychology and Allied Sciences (1st ed.). New Age
International (P) Ltd., Publishers.
Blackburn, S. (2005). The Oxford Dictionary of Philosophy (2nd ed.). Oxford University Press.Budiman, A. (2006). Kebebasan, Negara, Pembangunan (L. Assyaukanie & Stanley (eds.); 1st
ed.). Freedom Institute.
Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik
Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.
Colman, A. M. (2003). Oxford Dictionary of Psychology (1st ed.). Oxford University Press.
Damsar, & Indrayani. (2016). Pengantar Sosiologi Perdesaan (1st ed.). Kencana Prenada Media
Group.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan
Skripsi & Analisis Data dengan SPSS (1st ed.). DEEPUBLISH.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan
Skripsi Tesis da Disertasi Ilmu Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Firmansyah, F., & Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan &
Loyalitas Pelanggan (A. Fauzi (ed.)). Duta Media Publishing.
Ghoni, A., & Bodroastuti, T. (2011). Pengaruh Faktor Budaya , Sosial , Pribadi Dan Psikologi
Terhadap Perilaku Konsumen ( Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama
Banjardowo Semarang ). Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1–23.
Gujarati, D. N. (2007). Dasar-dasar Ekonometrika Jilid 1 (1st ed.). Penerbit Erlangga.
Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasarana Indonesia.
file:///C:/Users/youhe/Downloads/kdoc_o_00042_01.pdf
Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengelola Data dengan IMB SPSS
Statistik 25) (1st ed.). Cv Budi Utama.
Harinaldi. (2005). Prinsip - Prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains (L. Simarmata (ed.)).
Erlangga.
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuisioner Menggunakan SPSS. PT Elex
Media Komputindo.
Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan
Statcal (Sebuah Pengantar Untuk Kesehatan) (J. Simarmata (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita
Menulis.
James, W. (2007). The Principles of Psychology (2nd ed.). Harvard University Press.
Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan (1st ed.). Prenada Media.
Kamase, J. (2017). Influence Factors Cultural Factors Social Factors Characteristic Individual
And Psychological Factor On The Decision Purchase Of Car Toyota Avanza In Makassar .
(5), 99–104. https://doi.org/10.9790/487X-19050699104
Kardes, F. R., Cronley, M. L., & Cline, T. W. (2011). Consumer Behavior. In Consumer
Behavior (1st ed.). South-Western Cengage Learning.
https://doi.org/10.5005/jp/books/11120_9
Khaniwale, M. (2015). Consumer Buying Behavior. International Journal of Innovation and
Scientific Research, 14(2), 280. https://doi.org/10.1016/b978-0-7506-7897-1.00013-3
Kotler, P. (2002). Marketing Management , Millenium Edition (10th ed.). Pearson Custom
Publishing.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principle Of Marketing. In Person Education (14th ed.).
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2017). Marketing for Hospitality and Tourism (7th
ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. In Marketing Management (14th ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.4324/9780203357262
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education
Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016b). Marketing Management. In Marketing Management (15th
ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.4324/9780203862261
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing
Management (3rd ed.). Pearson Education Limited.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kroeber, A. L., & Kluckhohn, C. (1967). Culture A Critical Review of Concepts and Definitions.
Vintage Books. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R (1st
ed.). PT. Kharisma Putra Utama.
Latif, A., Mustanir, A., & Irwan. (2020). Kepemimpinan Pemerintah Desa, Partisipasi
Masyarakat & Perencanaan Pembangunan (1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Lemert, C. (2017). Sosial Theory The Multicultural, Global, And Classic Readings. In Journal of
Chemical Information and Modeling (8th ed., Vol. 53, Issue 9). Routledge.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Li, S., & Srisutto, S. (2019). Psychological Factors Affecting Consumer’s Purchase Intentions of
Agarwood Beads: A case Study of Nanning City, China. 11(2), 189–208.
Lind, D. A., Marchal, W. G., & Wathen, S. A. (2008). Teknik-teknik Statistika dalam Bisnis dan
Ekonomi Menggunakan Kelompok Data Global (S. D. Citra (ed.); 13th ed.). Salemba
Empat.
Nawawi, M. T. (2016). Factors of Consumer Behavior that Effect Purchasing Decisions on
Blackberry Smartphone. Journal The WINNERS, 17(1), 59–66.
Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar (1st ed.). DEEPUBLISH.
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy (9th ed.). McGrawHill/Irwin.
Pieter, H. Z., & Lubis, N. L. (2010). Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan (1st ed.). Kencana
Prenada Media Group.
Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi.
RajaGrafindo Persada.
Pratiwi, K. I., & Mandala, K. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis dan
Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir Pada Jegeg Ayu
Boutique di Kuta. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(11), 3619–3645.
Rusmana, A., & Dkk. (2019). Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer (U. Lies, Siti
Khadijah, R. K. Anwar, & A. Rusmana (eds.); 1st ed.). Unpad Press.
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor
Pribadi. dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih
Produk Operator Seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among
Makarti, 6(12), 112–129.
Santoso, P. B., & Hamdani, M. (2007). Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga
(W. Hardani, W. C. Kristiaji, & S. Saat (eds.)). Erlangga.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Consumer (Issue 6). Pearson Education
Limited.
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen (5th ed.). Kencana Prenada Media Group.
Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama.Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan
Manual & SPSS. Kencana Prenada Media Group.
Sitoayu, L., Nuzrina, R., & Rumana, N. A. (2020). Aplikasi SPSS untuk Analisis Data Kesehatan
Bonus Analisis Data dengan SEM (M. Nasrudin (ed.); 1st ed.). PT. Nasya Expanding
Management.
Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior Buying, Having, and Being (9th ed.). Pearson
Education Limited.
Spiers, S., Gundala, R. R., & Singh, M. (2014). Culture and Consumer Behavior—A Study of
Trinidad & Tobago and Jamaica. International Journal of Marketing Studies, 6(4), 92–99.
https://doi.org/10.5539/ijms.v6n4p92
Stolley, K. S. (2005). The Basics of Sociology. In The Basics of Sociology (2nd ed.). Greenwood
Press. https://doi.org/10.1007/0-387-28390-0
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). PT. Kharisma Putra Utama.
Sudjatmoko. (2015). Leader Transformasional (D. A. M (ed.); 1st ed.). Panembahan Senopati.
Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra (1st ed.).
UMM Press.
Sujarweni, W., & Utami, L. R. (2019). The Master Book Of SPSS Pintar Mengolah Data
Statistik untuk Segala Keperluan Secara Otodidak. Anak Hebat Indonesia.
Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen
(1st ed.). PT. Penerbit IPB Press.
Susanto, A. B., Lapian, J., & Tumbuan, A. (2016). The Influence of Cultural, Social, Personal,
and Psychological on Consumer Purchase Decision Study on Tonasa Cement Product in
Manado City. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 198–206.
Syaifuddin, A. (2019). Psikologi Agama (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.
Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca (1st ed.). Cv Budi Utama.
Tylor, E. B. (1871). Primitive Cuture: Researches Into the Development of Mythology, Philosofy,
Religion, Art, and Custom (Vol 2). Bibliothega Bodleiana.
Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis (2nd ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.
VandenBos, G. R. (2015). American Psychological Association (APA) Dictionary of Psychology
(2nd ed.). American Psychological Association.
Yakub, D., & Nur, D. B. (2014). The Impackt Of Social Factors On Consumer Buying Behavior
And Empirical Application In Turkey. Journal of Social Science Research, 3(February),
–563.
Yakup, D., Mucahit, C., & Reyhan, O. (2011). The Impact of Cultural Factors on the Consumer
Buying Behaviors Examined through An Impirical Study. International Journal of Business
and Social Science, 2(5), 109–114.
Yulianto, N. A. B., Maskan, M., & Utaminingsih, A. (2018). Metodelogi Penelitian Bisnis (1st
ed.). Polinema Press.
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i2.9428
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com