Strategi bersaing personal Loan

Diniarty Hadi, Syarifah Hudayah, Hamid Bone

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal, sehingga dapat diketahui strategi bersaing yang paling sesuai bagi PT BPD Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kantor Cabang Utama Samarinda dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Untuk teknik menganalisis data penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan matriks analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi PT BPD Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kantor Cabang Utama Samarinda untuk produk Personal Loan berada pada kuadran I. Pada kuadran ini bank pada posisi dimana kekuatan internalnya relatif lebih dominan dibandingkan dengan kelemahannya. Dalam menghadapi lingkungan eksternal, peluang lebih besar dibandingkan dengan ancamannya. Hasil penelitian merekomendasikan PT BPD Kalimantan Timur Kalimantan Utara Kantor Cabang Utama Samarinda untuk menerapkan strategi pertumbuhan yang agresif, tidak hanya melayani Aparatur Sipil Negara Daerah namun juga Aparatur Sipil Negara Vertikal, karyawan swasta yang memiliki penghasilan tetap, membuat aplikasi online untuk pengajuan kredit, memberikan penawaran khusus kepada nasabah bank lain yang bersedia take over, serta bekerjasama dengan mitra dalam memasarkan produk personal loan.


Keywords


Strategi bersaing; analisa SWOT

References


Bank Indonesia. 2016. Laporan Perekonomian Indonesia 2016.

Bank Indonesia. 2020. Data Simpanan dan Pinjaman Provinsi Kalimantan Timur Periode April 2020. Statistik Ekonomi dan Keuangan Daerah. (http://www.bi.go.id).

Bismala. L, Handayani. S. 2018. Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aql.

Chandler, Alfred.1962. Strategy and Structure: Chapters In The History of American Industrial Enterprise.

Ferrel, O.C and D.Harline. 2005. Marketing Strategy. South Western : Thomson Corporation

Hamel dan Prahala. 1995. Management. New Delhi: Tata McGraw Hill

Herlianto, Endi Fitri. 2011. Analisis Strategi Bersaing Telkom Dalam Industri Internet. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta.

Helms, M.M., Nixon, J. 2010. Exploring SWOT analysis-where are we now? A review of academic research from the last decade. Journal of Strategy and Management ,3 (3) : 215-251

Hubeis, Musa dan Mukhamad Najib. 2014. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Gramedia : Jakarta

Ikatan Bankir Indonesia. 2015. Bisnis Kredit Perbankan. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Jogiyanto, H.M., 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI: Yogyakarta

Kasmir.2007.Dasar–Dasar Perbankan.PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta

Philip Kotler, dan Kevin Lane Keller.2009. Manajemen Pemasaran.Indeks: Jakarta

Porter, Michael, E. 2008. Strategi Bersaing. Karisma Publishing Group: Tangerang

PT BPD Kaltim Kaltara. 2018. Rencana Bisnis Bank 2018-2020

PT BPD Kaltim Kaltara. 2020. Annual Report 2019. (www.bankaltimtara.co.id)

Rangkuti, F. 2016. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Tjoekam, H.Moh. 1999. Perkreditan Bisnis Inti Bank Komersial. PT. Gramedia Pustaka Utama :Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.9400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com