Pengaruh likuiditas, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, ukuran perusahaan dan pajak terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2011-2016

Hairunnisa Nur, Justina ade Judiarni, Muhammad Amin Kadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan dan Pajak terhadap Struktur Modal. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 14perusahaan makanan dan minuman  di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu, sehingga diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan makanan dan minuman. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F dengan tingkat signifikansi 0,05. Sebelum diuji dengan regresi linear berganda, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik untuk menguji kenormalan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap DER, Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap DER, Struktur Aktiva berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap DER, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap DER dan Pajak berpengaruh negative tidak signifikan terhadap DER. Hasil koefisien determinasi menunjukkan sebesar 64,9% perubahan variabel DER dapat dijelaskan oleh variabel Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan dan Pajak, sedangkan sisanya 35,1% dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak termasuk dalam model penelitianini.

 


Keywords


Likuiditas; pajak; pertumbuhan penjualan; struktur aktiva; struktur modal; ukuran perusahaan

References


Atsni, Yunita. 2010. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Bhawa, Ida bagus Made Dwija, dkk. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan,Likuiditas, Profitabilitas, Dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana Bali.

Brotodihardjo, R. Santoso. 2013. Pengantar Ilmu Hukum Pajak. PT. Refika Aditama. Bandung.

Bursa Efek Indonesia.2019. Perusahaan Makanan dan Minuman.(BEI online) https://www.idx.co.idDiakses tanggal 05 Mei 2019.

Chen, S., dan R. Strange. 2010. The Determinants of Capital Structure: Evidence from Chinese Listed Companies. Economic Change and Restructring,p:11-35.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. BPUD: Semarang.

Halim, Abdul. 2015. Manajemen Keuangan Bisnis: Konsep dan Aplikasinya.Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim, 2014.Analisis Laporan Keuangan, Edisi tujuh, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Houston & Brigham.2011.Fundamentals Of Financial Management Dasar-Dasar

Manajemen Keuangan. Edisi 11 Salemba Empat. Jakarta.

Kusuma, A. 2012.Riset Keuangan Pengujian dan Pengujian Empiris.PT. Gramedia.Jakarta.

Martono, dan D. Agus Harjito. 2010. Manajemen Keuangan. Ekonisia. Yogyakarta.

Mulyadi. 2016. Akuntansi Manajemen. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan. Pustaka Setia. Bandung.

Primantara, Yudi dan Made Rusmala Dewi. 2016. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan Dan Pajak Terhadap Struktur Modal (Studi kasus pada perusahaan rokok yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.Bali.

Puspawardhani, Nadia. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Aktiva Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Pariwisata Dan Perhotelan Di BEI. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.Bali.

Riyanto, B. 2011.Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan.Edisi Keempat BPFE. Yogyakarta.

Sartono, Agus, 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta : BPFE. 116.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sutrisno.2009, Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama.Ekonisia.Yogyakarta.

Suweta, Ni Made Novione Purnama Dewi, dkk. 2016. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan,Struktur Aktiva Dan Pertumbuhan Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Restaurant Pawitra Sari Di Ubud Bali. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana Bali.

Tambipi, Irfan. 2013. Pengaruh Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Industri Farmasi yang Go Public Di BEI Periode 2007-2011. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Uma, Sekaran. 2011. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4.Salemba Empat. Jakarta.

Verena, Sari. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Aset, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI tahun 2008-2010. Skripsi.Fakultas

Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Wahyuni, Tried dan Ni Putu Santi Suryantini. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Penghematan Pajak Terhadap Struktur Modal (Studi kasus pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Bali.

Widayanti, Luh Putu,dkk. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan, Likuiditas Dan Pajak Terhadap Struktur Modal Pada Sektor Pariwisata Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana Bali.

Yuniar, dkk.2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal (studi empiris pada perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i1.9174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com