Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap repurchase intention dengan customer trust sebagai variabel moderasi

Yeni Rahmawati, Tetra Hidayati, Muhammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Minat Pembelian Ulang yang dimoderasi oleh Kepercayaan Konsumen pada pengguna jasa antar makanan melalui aplikasi ojek online di Kota Samarinda. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden . Analisis dilakukan dengan partial least square (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli ulang sedangkan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, kepercayaan konsumen tidak dapat memoderasi pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat beli ulang serta kepercayaan konsumen tidak dapat memoderasi pengaruh persepsi kegunaan terhadap minat beli ulang.


Keywords


Persepsi kemudahan; persepsi kemanfaatan; minat pembelian ulang; kepercayaan konsumen

References


Agus, K., Pramudana, S., Wayan, I,(2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Persepsi Manfaat , Persepsi Harga dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(7), 2247–2256.

Davis, F. D., & Davis, B. F. D. (1989). Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , and User Acceptance of lnformation Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Lee, C. H., Eze, U. C., & Ndubisi, N. O. (2011). Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics Emerald Article : Analyzing key determinants of online repurchase intentions. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistic, 23(2), 200–221.

. International Journal of Electronic Commerence, 6(February 2015), 37–41.

Oroh, C. R. (2015). The Influence of Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness and Trust On Repurchase Intention of Lion Air E-Ticket.Jurnal EMBA, 3(3), 950–958.

equation model/European Journal of Marketing, 37(11), 1762–1800.

Rajalie, J. (2014). Pengaruh Trust, Perceived Usefulness, Satisfaction, dan Perceived Enjoyment Terhadap Online Repurchase Intention.Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 16(1), 12–20.

Trisnawati, E., Suroso, A., & Kumorohadi, U. (2012). Analisis faktor-faktor kunci dari niat pembelian kembali secara. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 19(2), 126–141.

Subagio, D. P. W., Mugiono, M., & Hadiwidjojo, D. (2018). Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Repurchase Usefulness dan Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 35–44.

Willy Abdillah, & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian (Dwi Prabantini, Ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., & Foxall, G. R. (2003). A proposed model of e-trust for electronic banking. Technovation, 23(11), 847–860.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v6i4.8584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 
 
JIMM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License