Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja merek, citra social merek, nilaimerek, kepercayaan, dan peresaan pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variable bebas dalam penelitian ini adalah kinerja merek, citra social merek, nilai merek, kepercayaan, dan perasaan pribadi. Sementara variable terkait adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di TokoBening Jaya di Kutai Barat yang terdiridari 120 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan kuesioner dengan menguji kinerja merek, citra social merek, nilai merek, kepercayaan, dan perasaan pribadi secara bersama – sama dan secara parsial. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan pembelian didukung oleh kinerja merek, citra social merek ,nilai merek, kepercayaan dan perasaan pribadi berpengaruh positif.
Keywords
References
Bilson Simamora. (2003) Panduan Riset Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Ramedia
Pustaka Utama, Jakarta.
Converse and Jones, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, cetakan
Keenam, Alfabeta, Bandung.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset
Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Enis dikutip dari Alma Buchari (2004)
Ferrianadewi, 2008,.Merek dan Pisikologi Konsumen.Yogyakarta : Graha Ilmu
Fisk, Peter. 2006. Marketing Genius. Jakarta : PT Elek Media
Kotler Philip dan Amstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 Edisi
Kedelapan, Ahli Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA.,
Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, 2004. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Penerbit PT. Prenhallinda,
Jakarta
Kotler dan Amstrong. (2004) : Dasar-dasar Pemasaran, Jilid-1, Edisi ke-9.PT
Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta. (p221-223, p337)
Lau.Goek Theng and Lee, Sook Han.2004 “ Consumer Trust In Brand and The Link
To Brand Loyality”.Journal of Marketing Management. Vol. 10
Maynard and Beckham,(2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.
Nicolino, F. Patricia. 2004, The Complete Ideal’s Guides Brand Management, Preneda Media, Jakarta.
Shultz,2004. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Raja Grafindo
Persada, Jakarta. Kotler dan Amstrong. (2004). Dasar-dasar
Pemasaran, Jilid-2, Edisi ke-9. PT. Indeks Kelompok Gramedia,
Jakarta.
Sheth, Jagdish N and Mittal, Bandwari (2004) Custumer Behavior : Managerial
Prespectiv.Second edition. Singapore. Thomaon
Sofyan Assauri. 2012. Manajemen Produksi dan Oprasi.Jakarta : Lembaga Fakultas
Ekonomi UI.
Tjiptono, 2005. Brand Management & Strategy, Andi. Jakarta
Tjiptono, 2004. Manajemen Jasa, Andi. Jakarta
Wahyuni, M. 2007. Kerupuk tinggi kalsium : Nilai Tambah Limbah Cangkang Kerang
Hijau Melalui Aplikasi Teknologi Tepat Guna.
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i3.852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com