Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian

Authors

  • Dolly Martin Jenau Fakultas Ekononomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Pamasang S Siburian Fakultas Ekononomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Gusti Noorlitaria Achmad Fakultas Ekononomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v2i3.852

Keywords:

Citra sosial merek, nilai merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja merek, citra social merek, nilaimerek, kepercayaan, dan peresaan pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variable bebas dalam penelitian ini adalah kinerja merek, citra social merek, nilai merek, kepercayaan, dan perasaan pribadi. Sementara variable terkait adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di TokoBening Jaya di Kutai Barat yang terdiridari 120 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan kuesioner dengan menguji kinerja merek, citra social merek, nilai merek, kepercayaan, dan perasaan pribadi secara bersama – sama dan secara parsial. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan pembelian didukung oleh kinerja merek, citra social merek ,nilai merek, kepercayaan dan perasaan pribadi berpengaruh positif.

References

Bilson Simamora. (2003) Panduan Riset Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Ramedia

Pustaka Utama, Jakarta.

Converse and Jones, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, cetakan

Keenam, Alfabeta, Bandung.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset

Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Enis dikutip dari Alma Buchari (2004)

Ferrianadewi, 2008,.Merek dan Pisikologi Konsumen.Yogyakarta : Graha Ilmu

Fisk, Peter. 2006. Marketing Genius. Jakarta : PT Elek Media

Kotler Philip dan Amstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 Edisi

Kedelapan, Ahli Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA.,

Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, 2004. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Penerbit PT. Prenhallinda,

Jakarta

Kotler dan Amstrong. (2004) : Dasar-dasar Pemasaran, Jilid-1, Edisi ke-9.PT

Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta. (p221-223, p337)

Lau.Goek Theng and Lee, Sook Han.2004 “ Consumer Trust In Brand and The Link

To Brand Loyality”.Journal of Marketing Management. Vol. 10

Maynard and Beckham,(2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Nicolino, F. Patricia. 2004, The Complete Ideal’s Guides Brand Management, Preneda Media, Jakarta.

Shultz,2004. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Raja Grafindo

Persada, Jakarta. Kotler dan Amstrong. (2004). Dasar-dasar

Pemasaran, Jilid-2, Edisi ke-9. PT. Indeks Kelompok Gramedia,

Jakarta.

Sheth, Jagdish N and Mittal, Bandwari (2004) Custumer Behavior : Managerial

Prespectiv.Second edition. Singapore. Thomaon

Sofyan Assauri. 2012. Manajemen Produksi dan Oprasi.Jakarta : Lembaga Fakultas

Ekonomi UI.

Tjiptono, 2005. Brand Management & Strategy, Andi. Jakarta

Tjiptono, 2004. Manajemen Jasa, Andi. Jakarta

Wahyuni, M. 2007. Kerupuk tinggi kalsium : Nilai Tambah Limbah Cangkang Kerang

Hijau Melalui Aplikasi Teknologi Tepat Guna.

Published

2017-09-26

Issue

Section

Articles