Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan

Lukas Pardamean Silalahi, M. Amin Kadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Koperasi Pegawai Negeri Medika di Samarinda. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di Koperasi Pegawai Negeri Medika di Samarinda yang berusia 17 tahun keatas dan berdomisili di Samarinda. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Metode menggali data dengan teknik kuesioner dan menganalisis data dengan teknik regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh Positif dan signifikan  terhadap  variabel  Kepuasan Pelanggan, variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan.


Keywords


Kualitas pelayanan; harga; kepuasan pelanggan

References


Alma, Buchori. 2003. Pemasaran Stratejik Jasa. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2013). Univariate Data Analysis. Exploratory Data Analysis in Business and Economics. https://doi.org/10.1007/978-3-319-01517-0_3

Hasan, Ali. 2009. Marketing. Edisi Baru. Yogjakarta: Med Press

Jasfar, Farida. 2005, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (11th ed.) (Benyamin Molan, Penerjemah). Jakarta: PT. Indeks.

Kotler Philip and Kevin Keller, 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid Pertama dan Kedua. PT. Indeks : Jakarta.

Sugiyono. (2007). METODE Penelitian BISNIS (10th ed.). Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, CV.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i1.8500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com