Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan

Authors

  • Lukas Pardamean Silalahi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • M. Amin Kadafi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v7i1.8500

Keywords:

Kualitas pelayanan, harga, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Koperasi Pegawai Negeri Medika di Samarinda. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di Koperasi Pegawai Negeri Medika di Samarinda yang berusia 17 tahun keatas dan berdomisili di Samarinda. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Metode menggali data dengan teknik kuesioner dan menganalisis data dengan teknik regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh Positif dan signifikan  terhadap  variabel  Kepuasan Pelanggan, variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan.

References

Alma, Buchori. 2003. Pemasaran Stratejik Jasa. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2013). Univariate Data Analysis. Exploratory Data Analysis in Business and Economics. https://doi.org/10.1007/978-3-319-01517-0_3

Hasan, Ali. 2009. Marketing. Edisi Baru. Yogjakarta: Med Press

Jasfar, Farida. 2005, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (11th ed.) (Benyamin Molan, Penerjemah). Jakarta: PT. Indeks.

Kotler Philip and Kevin Keller, 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid Pertama dan Kedua. PT. Indeks : Jakarta.

Sugiyono. (2007). METODE Penelitian BISNIS (10th ed.). Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, CV.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Published

2022-07-20

Issue

Section

Articles