Pengaruh pengungkapan csr terhadap profitabilitas dengan struktur modal sebagai variable moderating

Parikesit Sidiq Permadi, Michael Hadjaat, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Sociaty Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas dengan struktur modal sebagai variable moderating pada perusahaan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2019. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria diperoleh 33 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Berdasarkan kriteria diperoleh 99 sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Struktur modal dapat memoderasi (memperkuat) pengaruh CSR terhadap profitabilitas.

Keywords


CSR; struktur modal; profitabilitas

References


Edmawati, S. (2012). Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 3(3).

Fahmi, I. (2013). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Edisi Revisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mukharomah, D. R. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Sustainability, dan Intellectual Capital Terhadap Return on Investment (ROI) (Studi Kasus Pada BPR di Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi Tahun 2013). Jurnal UNISBA.

Purnawati, Z. (2019). Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Rahayu, W. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2012-2013 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiaa). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 17(2), 1-8.

Robiansyah, R. (2019). Kepemimpinan berorientasi fokus. JURNAL MANAJEMEN, 11(2), 203-211.

Rosdwianti, M. K., Dzulkirom & Zahroh, Z.A. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2), 16-22.

Syahnaz, M. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan. Jurnal Imiah Mahasiswa FEB.

Untung, H. B. (2008). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Yaparto, Marissa, Frisko, D., & Eriandani, R. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2010-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabayaa, 2(1), 1-19.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i1.8438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com