Pengaruh hedonic shopping motivation terhadap impulse buying merchandise dengan celebrity endorsement sebagai variabel moderasi (studi pada penggemar boygrup bts di kota samarinda)

Maria Stephanie Bulan, Zainal Abidin, Mohammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari hedonic shopping motivation terhadap impulse buying merchandise dan mengetahui efek moderasi dari penggunaan celebrity endorsement dalam mempengaruhi motivasi belanja hedonis penggemar boygrup BTS terhadap perilaku pembelian tidak terencana merchandise di Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode purposive sampling sebagai metode penarikan sampel yang berjumlah 80 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah outer model dan inner model menggunakan program SmartPLS3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adventure shopping dan value shopping berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Sedangkan social shopping, gratification shopping, idea shopping, dan role shopping berpengaruh tidak signifikan terhadap impulse buying. Efek moderasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan celebrity endorsement memperlemah hedonic shopping motivation terhadap impulse buying.


Keywords


Hedonic Shopping Motivation; Impulse Buying; Celebrity Endorsement; Merchandise; Moderasi

References


Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (Pls).

Agista, Y. Y. V. (2016). Pengaruh Iklan Televisi Celebrity Endoser Terhadap Pembelian Impulsif Pada Remaja.

Ahmed, R. R., Seedani, S. K., Ahuja, M. K., & Paryani, K. (1990). Impact Of Celebrity Endorsement On Consumer Buying Behavior, 1–11.

Ahmed, R. R., Seedani, S. K., Ahuja, M. K., & Paryani, S. K. (2015). Impact Of Celebrity Endorsement On Consumer Buying Behavior. Journal Of Marketing And Consumer Research, 16(2006), 12–20.

Andries, A. L. (2014). The Influence Of Korean’s Celebrity Endorsement And Youth Buying Behavior On Youth Apparel Purchase Decision In Manado. Emba, 2(4), 602–611.

Ardiantati, M., & Wicaksana, S. A. (2019). Pengaruh Big Five Personality Trait Dan Sikap Tentang Celebrity Endorser Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pada Remaja Putri, (May), 0–14. Https://Doi.Org/10.13140/Rg.2.2.24459.54562

Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2003). Hedonic Shopping Motivations. Journal Of Retailing, 79(2), 77–95. Https://Doi.Org/10.1016/S0022-4359(03)00007-1

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Dan Disertasi Ilmu Manajemen.

Hussain, M., Manzoor, S. R., Shamsurrehman, Ali, S. R., & Imran. (2011). Relationship Of Celebrity Endorsement With Consumers Impulse Buying In Peshawar, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. Journal Of Reasearch In Business, 1(10), 67–72.

Kosyu, D. A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying ( Survei Pada Pelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya ). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 14(2), 1–7.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Maarketing Manajemen Edisi 12e.

Ozen, H., & Engizek, N. (2014). Shopping Online Without Thinking: Being Emotional Or Rational? Asia Pacific Journal Of Marketing And Logistics, 26(1), 78–93. Https://Doi.Org/10.1108/Apjml-06-2013-0066

Pappas, I. O., Kourouthanassis, P. E., Giannakos, M. N., & Lekakos, G. (2017). The Interplay Of Online Shopping Motivations And Experiential Factors On Personalized E-Commerce: A Complexity Theory Approach. Telematics And Informatics, 34(5), 730–742. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tele.2016.08.021

Pasaribu, L. O., & Dewi, C. K. (2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online : Studi Pada Toko Online Zalora. Jurnal Bina Ekonomi, 19(72), 159–170.

Patel, V., & Sharma, M. (2009). Consumers ’ Motivations To Shop In Shopping Malls : A Study Of Indian Shoppers. Asia-Pacific Advances In Consumer Research, 8, 285–29.

Purnomo, H., & Riani, L. P. (2018). Analisis Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying Toko Daring Pada Masyarakat Kota Kediri. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 68. Https://Doi.Org/10.25139/Ekt.V2i1.719

Putra, A. H. P. K., Ridha, A., & Ajmal, A. (2018). Celebrity Endorser Pada Jejaring Sosialinstagram, 1(1), 86–96.

Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. Journal Of Consumer Research, 14(2), 189. Https://Doi.Org/10.1086/209105

Saputra, H. B., & Riva’i, A. R. (2016). Pengaruh Customer Service,Merchandise Assortments, Perceived Price, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari Departement Store Semarang. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (Jbe), 23(2), 163–173.

Sarkar, A. (2011). Impact Of Utilitarian And Hedonic Shopping Values On Individual ’ S Perceived Benefits And Risks In Online Shopping. International Management Review, 7(1), 58–95.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2004). Customer Behavior International Edition.

Setiawan, L. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel, 12(1), 53–59. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.12.1.53

Sri, W., & Asnawati. (2018). The Influence Of Hedonic Shopping Motivation To The Impulse Buying. Rjoas, 2(February), 99–107.

Stern, H. (1962). The Significance Of Impulse Buying Today. Journal Of Marketing.

Sugioyno. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.

Superwiratni. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Menginap Di Cottage Daarul Jannah, 8(2), 99–110.

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Rasional Bisnis Ritel Indonesia.

Veronica, S. E., & Dewi, C. K. (2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online (Studi Pada Berrybenka.Com). E-Proceeding Of Management, 2(1), 635–642.

Wahyuni, D. F., & Rachmawati, I. (2018). Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 11(2), 9. Https://Doi.Org/10.23969/Jrbm.V11i2.701

Yistiani, N. N. Manik, Yasa, N. N. K. Y., & Suasana, I. G. . K. G. (2012). Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik Dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza Di Denpasar. Manajemen Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 139–149. Https://Doi.Org/10.1186/S12967-017-1232-6

Zurit, R. A., Ariyanti, M., & Sumrahadi. (2016). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online ( Studi Pada Konsumen Mataharimall . Com ) The Influence Of Hedonic Shopping Motivation On Impulse Buying At The Onliine Store ( A Study On Consumer At The Mataharimall . Com ). E-Proceeding Of Management, 3(3), 2688–2695.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i2.8218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com