Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian

Muslihin Muslihin, Herning Indriastuti, Yohanes Kuleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris pada Konsumen Kakata Vapestore di Kota Samarinda). Penelitin diakukan meggunakan motode analisis regresi linier berganda terhadap 59 orang yang merupakan penguunjung dari Kakata Vapestore. Hasil pengujian dari variabel harga dan kualitas produk menunjukkan bahwa secara parsial harga dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada pengujian hipotesis lain variabel harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Harga; kualitas produk; keputusan pembelian

References


Alifia, H. N., & Lutfie, H. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kaos Kaki Pada PT Soka Cipta Niaga Pada Tahun 2018. E-Proceeding of Applied Science, 14(2), 388–395.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Anggraeni, D., & Kumadji, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.

Bairizki, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan ( Studi Kasus Pada Ud Ratna Cake & Cookies). Jurnal Valid, 14(2), 71–86.

Dudu, O., & Agwu, M. (2014). A Review of The Effect of Pricing Strategies on The Purchase of Consumer Goods. International Journal of Research in Management, Science & Technology, 2(2), 88–102.

Evita, N. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung Tahun 2017). E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 430–452. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/135770/pengaruh-citra-merek-terhadap-keputusan-pembelian-studi-kasus-pada-bakso-boedjangan-cabang-burangrang-bandung-tahun-2017-.html

Foster, B., & Johansyah, M. D. (2019). The effect of product quality and price on buying interest with risk as intervening variables (study on Lazada.com site users). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(12), 66–78.

Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2), 142–150.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 31–48.

Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 388–402.

Kristian, D., & Rita, W. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(1), 45–58.

Kotler Philip dan Amstrong Gary. 2012 Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Kotler Philip dan Amstrong Gary. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta: Erlangga.

Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Peter, Donnelly, Jr. 2010. Marketing Management Knowled and Skills, Ninth Edition. USA: McGraw-Hill.

Rahman, M. K., Robel, S., & Abdullah-Al-Mamum. (2014). A Critical Review of Consumers’ Sensitivity to Price: Managerial and Theoretical Issues. Journal of International Business and Economics, 2(2), 1–9.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.†Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 216.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA.

Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi ke-2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi ke-2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality and satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tunis, A. J., & Martina, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di the Secret Factory Outlet. Pariwisata, III(1), 60–72. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu (Studi Pada Konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang-Pekanbaru). JOM Fisip, 4(2), 1–10.

Yan, R. G. P. S., Repi, A., & Lumanauw, B. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Pt Tridjaya Mulia Sukses Manado Effect of Sales Promotion and Location on Decision Process of Motor. Jurnal EMBA, 6(1), 101–110.

Yanto, T. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Swalayan Macro Mart Mojoroto Kota Kediri). Simki-Economic, 01(02).

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i1.8197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com