Pengaruh iklan dan atribut produk serta citra merek terhadap keputusan Pembelian dan kepuasan konsumen shampo clear di kota samarinda

Fauzi Arham, Gusti Noorlitaria Achmad, Mohammad Wasil

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Iklan dan Atribut Produk serta Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian shampoo Clear di kota Samarinda. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, dengan menggunakan teknik Sampling Insidental. Sampel yang digunakan adalah Konsumen shampo Clear di Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah  menggunakan (PLS 3) Partial Least Square 3 merupakan analisis persamaan struktural (SEM) berbasis varian yang secara simultan dapat melakukan pengujian model pengukuran sekaligus pengujian model struktural. Hasil uji menunjukkan bahwa Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t-statistic 3.511, Iklan berpengaruh negatif terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai t-statistic 1.413, Atribut Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t-statistic 2.872, Atribut Produk berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai t-statistic 57.161, Citra Merek berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t-statistic 4.833, Citra Merek berpengaruh negatif terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai t-statistic 1.258, Keputusan Pembelian berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai t-statistic 1.966. Hasil menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen adalah Atribut Produk.

Keywords


Iklan; Atribut Produk; Citra Merek; Keputusan Pembelian; Kepuasan Konsumen.

References


Ambolau, M. A. P., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Influence of Brand Awareness And Brand Image On Purchase Decision. Jurnal Administrasi Bisnis.

Daryanto. Sari Kuliah MANAJEMEN PEMASARAN. Edited by Hisar Martin, PT. SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA, 2011.

Darmayanti, N., & Jatra, I. (2015). Pengaruh Atribut Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Android Di Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Manajemen. Universitas Udayana, 4(2), 500–510.

Dewi, N. K., Andri, G., & Yonaldi, S. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Han and Body Lotion di Kota Padang (studi kasus di PT. Unilever cabang Padang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan

Durmaz, Y., Cavusoglu, S., & Ozer, O. (2018). The Effect of Brand Image and Brand Benefit on Customer Loyalty: The Case of Turkey. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i5/4140

Evita Nurul. PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( STUDI KASUS PADA BAKSO BOEDJANGAN CABANG BURANGRANG BANDUNG TAHUN 2017 ) THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE TOWARD PURCHASING DECISION ( STUDY CASE AT BAKSO BOEDJANGAN BURANGRANG BANDUNG IN 2017 ). Vol. 3, no. 2, 2017, pp. 430–52.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. 4th ed., Badan Penerbit Univeritas Diponegoro, 2009.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. 4th ed., Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.

Handayani, W. (2013). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Galaxy Series. Jurnal Elektronik.

Indarto, E. W., Suroso, I., Qomariah, N. (2018). THE EFFECT OF BRAND IMAGE AND PRODUCT ATTRIBUTES ON CUSTOMER SATISFACTION AND CUSTOMER LOYALTY. JURNAL APLIKASI MANAJEMEN. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.03.10

Kurniawati, D., Suharyono, dan Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan KFC Cabang KAWI MALANG). Jurnal Administrasi Bisnis.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edited by Wisnu Chandra Kristiaji, 8th ed., Erlangga, 2001.

Maxelian, A., Hidayat, W., & Si, M. (n.d.). PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Neupane, R. (2015). The Effects of Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty Intention in Retail Super Market Chain UK. International Journal of Social Sciences and Management. https://doi.org/10.3126/ijssm.v2i1.11814

Nugroho, N. A. (2015). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Counter Perdana di Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya, 20(1), 1–8.

Pitamakoro, P. (2018). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI BUBUK INSTAN (Studi Kasus pada TOP Coffee di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI).

Rahmat, H. (2015). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips (Studi Kasus Pada Mahasiswa Telkom University). Jurnal Manajemen Pemasaran. Universitas Telkom, III(1), 305–310. Retrieved from https://doaj.org/article/700ed6e64b1941608a3db96cecf2ecd7

Rochmadi, Y. T. R. Y. (2013). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK TOYOTA NEW YARIS (Studi Pada Auto 2000 Kediri). Jurnal Manajemen Konsentrasi Bidang Pemasaran. Universitas Brawijaya.

Sjafar, O., & Djamaluddin, S. (2017). The Effect of Brand Image, Product Quality, and Relationship Marketing on Customer Satisfaction and Loyalty. Www.Ijbmm.Com International Journal of Business Marketing and Management.

Solimun. Analisis Multivariat Permodelan Struktural Metode Partial Least Square- PLS. CV. Citra, 2010.

Susanta, H., & Prabawani, B. (2014). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio (Studi pada PT. Yamaha Mataram Sakti di Kota Semarang). Jurnal Manajemen & Bisnis, 1(2), 1–17.

Sumarwan, Ujang, et al. Riset Pemasaran Dan Konsumen. Edited by Hans Baihaqi et al., 1st ed., IPB Press, 2011.

Swastha Basu, and Irawan. Menejemen Pemasaran Modern. 2nd ed., Liberty Offset, 2000.

S.H. Rewoldt, et al. STRATEGI PROMOSI PEMASARAN. PT. RINEKA CIPTA, 2005.

T. Abdullah, and F. Tantri. MANAJEMEN PEMASARAN. 1st ed., PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

Tanoni, R. V. (2012). Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Citra Merek Dan Sikap Pada Minuman Isotonic Mizone Di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen.

Tito, I. Wahyu, H. (n.d.). Hubungan iklan dan citra merek dengan keputusan pembelian shampo clear pada swalayan fadillah kota bengkulu. Jurnal Ekonomi. Universitas Dehasen Bengkulu, 188–199.

Tjiptono Fandy, and Anastasia Diana. PRINSIP & DINAMIKA PEMASARAN. 1st ed., J & J Learning, 2000.

Wahyuni Sri, and Jonianto Pardamean. Pengaruh Iklan , Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati. Vol. 3, no. 1, 2016, pp. 13–30.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i3.7840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com