Pengaruh beban kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan

Alif Mustofa, Robiansyah Robiansyah, Syahruddin Y Syahruddin Y

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui beberapa hal, yaitu untuk menguji apakah beban kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan untuk menguji apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT Geoservices Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara random sederhana (Simple random sampling) menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja  tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan sedangkan kepuasan kerja memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Geoservices Samarinda.

Keywords


Beban kerja; kepuasan kerja; kinerja karyawan

References


Anggit, Astianto. 2014. Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PDAM Surabaya, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol.3 No. 7. Surabaya.

Anwar, Suroyo. 2009. Pemahaman Individu, Observasi,Checklist, Interview, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dhania, R. D. 2010. Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Medical Representatif Di Kota Kudus). Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 2010. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, Ivancevich Donelly. 2009. Organisasi. Jakarta: Erlangga.

L. Mathis, Robert – H. Jackson, John., 2011. Human Resource Management (edisi 10). Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar prabu. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priyatno, Duwi. 2011. Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Rahadi, DediRianto,. 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang : Tunggal Mandiri Publishing.

Robbins, Stephen P & Timothy A. Judge. 2013. Organizational Behavior edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2009. Organizational Behavior. 13 Three Edition, USA: Pearson International Edition, Prentice -Hall

Sudarmanto. 2014, Kinerja dan Pengembangan Kompensasi SDM, Yogyakarta : Pustaka pelajar.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwatno dan Donni priansa. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Widhiarso, W. (2011). Beberapa Penyebab MengapaHasil Uji Statistik tidak Signifikan. http://belajar-psikometri.blogspot.com/2011/06/beberapa-penyebab-mengapahasil-uji.html.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i4.7811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com