Pengaruh citra merek, harga serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop asus pada masyarakat samarinda

Ahmad Wahyudi, Yohanes Kuleh, Asnawati Asnawati

Abstract


Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah sebanyak 45 orang responden berdasarkan rumus yang dikemukakan oleh Ferdinand, (2006 : 364). Metode alat analisis yang digunakan untuk pengolahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 23.00. Berdasrkan uji F (simultan) variabel independen citra merek (X1), Harga (X2) dan Kualitas Produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara bersama- sama terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan secara parsial citra merek (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhdap Keputusan Pembelian (Y), Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan Kualitas Produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).


Keywords


Citra merek, harga; kualitas produk dan keputusan pembelian

References


Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Pusada. Jakarta.

Akbar, Adam. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Jurnal, Universitas Gundarma. Jakarta.

Aaker, 1997, Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Jakarta : Spektrum.

Buchari, Alma 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alpabhet. Bandung.

Bullis, Douglas, 1996, Weite a Winning and Business Plan, Singapore, Time Book International.

Cannon, Joseph. P, dkk, 2008. Pemasaran Dasar, Buku I Edisi 16, Salemba Empat.

Farrah, Fajrianti Zatul. 2005. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, EKOBIS. Vol. 2. No. 3.

Ferdinand, Agusty 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Gitosudarmo, Indriyo . 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE

Hair, Joseph F. Jr., et al. 1998. Multivariate Data Analyze 5th. Ed New York: MacMillan Press

Hananto, Chandra. 2008. Pengaruh Kualitas Merek, citra Merek Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Grand Max Pada PT. Karya Zirang Utama Semarang. Qman Vol. 2 No. 5, Hal 81-96. Jurnal. Universitas Semarang

Keller, L. 1993. How to manage brand equity. Jakarta: Gramedia Pustaka

Kotler, Philip. 1993.Manajemen Pemasaran, Perencanaaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT Rosdakarya.

. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo: Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jilid 1 Edisi Kedelapan, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA. Penerbit Erlangga. Jakarta.

. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Lembang, Rosvita. 2010. Analisis Engaruh kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Cuaca Terhada Keputusan Embelian The Siap Minum Dalam Kemasan Merek The Botol Sosro.

Online:http://.undip.ac.id/20263/ROSVITA_DUA_LEMBANG.PDF.Diakses tanggal 15 Februari 2014

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba.

Majid, Abdul. 2009. Customer ServiceDalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta. PT. Rajagrapindo Persada.

Marius, Angipora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mullins, John., Orville C. Walker Jr., Jean Claude Larreche, anper W. Boyd. 2005. Marketing Management: a strategic decision making approach. Fifth Edition. The Mcgraw-Hills Companies, New York.

Nan Hon Lin dan Bih Shya Lin. 2007. The effect of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount. Journal of International Management Studies, 2 (2), pp:121-132.

Nurlisa. 2011. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis Merek Bango (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Di Komplek Villa Mutiara Johor lid an Taman Johor Mas. Jurnal. Universitas Sumatra Utara.

Nursya’bani, Purnama. 2006. Manajemen Kualitas : Perspektif Global. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Ekonisia. Yogyakarta.

Sekar, Ardiani. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Nokia (Studi Pada Masyaraat Di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal. Universitas Semarang

Diterbitkan : Q-MAN Vol. 2 No.2 Oktober 2012

Swastha, Bayu, 1999. Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 14, No.3.

.2000. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern, Jakarta : Liberty.

Swastha, Basu dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta

Swastha, Basu dan Sukotjo. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Stanton, William. 1994. Fundamental of Marketing. Thenth ed. Mc, Graw Hill Inc; Singapore.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa Edisi kelima. Yogyakarta: Andi Offset.

. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Wahyudi, Lilik. 2004. Peran Harga Sebagai Indikator Kualitas dan Pengaruh Terhadap Kemungkinan Membeli, Fokus Manajerial, Vol.2, No. 2.

Zeithaml L., Valerie A., A. Parasuraman., Leonardo L. Berry. 1998. Servqual a multiple-item scale for measuring consumer perception of service quality. Journal of Retailing, 64 (1), 12-37.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i3.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com