Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada loket cv. dinis perkasa dikota samarinda

Andri Wiranata, Suharno Suharno, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Loket CV. Dinis Perkasa di Kota Samarinda.Penelitian ini dilakukan di Samarinda pada bulan September 2019.Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Loket CV. Dinis Perkasa di Kota Samarinda dengan sampel populasi sebanyak 80 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada Loket CV. Dinis Perkasa di Kota Samarinda, dengan nilai signifikan Kualitas Pelayanan (X1) adalah 0,048 < 0,05. Begitu pula Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada Loket CV. Dinis Perkasa di Kota Samarinda, dengan nilai signifikan Kepuasan Pelanggan (X2) adalah 0,000 < 0,05. Disarankan loket CV. Dinis Perkasa harus dapat memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik dan pelayanan prima serta cepat tanggap atas segala keluhan serta saran dari pelanggan agar pelanggan loyal yang berdampak pada pelanggan setia, pelanggan mau merekomendasikan tempat kepada orang terdekat mereka dan pelangganuntuk datang kembali apabila mereka membutuhkan pelayanan pembayaran rekening listrik, air, dan lain sebagainya.

 


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan; Loyalitas Pelanggan

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2004. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasaâ€, Edisi Revisi. Alfabeta, Bandung.

Arief, Muhtosim. 2007. “Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayananâ€. Bayumedia Publishing, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€.Cetakan Kesembilan. Bina Aksara, Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2006. “Manajemen Pemasaranâ€. Raja Grafindo Pusada, Jakarta.

Ayub, Putu Denny Prathama. 2014.“Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Maju Mandiriâ€. Jurnal. Universitas Udayana.

Converse, Paul D. 2001. “Element Of Marketingâ€, Eight Edition. New Jersey :Prentice – Hall Inc Englewood Chiffs.

Ghozali, Imam. 2005. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 13 jilid 1. PT. Index, Jakarta.

Kotler, Philip dkk. 2012. “Manajemen Pemasaran Perspektif“, Asia Buku dua Edisi Pertama. Andy, Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2011. “Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Mynard and Beckham. 2002. “Marketing Managementâ€. Five Edition. Jhon Wiley and Sons, New York.

Sasongko, Felita. 2013.“Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Riaâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.1, No.2, (2013) Hal. 1-7.

Sigit, Reza Dimas. 2014.“Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Lapangan Futsal (Studi Kasus Pada IFI Futsal Bandung)â€. Jurnal. Universitas Telkom.

Stanton, William J. 2006. “Prinsip Pemasaranâ€. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru. Jilid satu. Edisi Kesepuluh. Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Bisnisâ€. Alfabeta, Bandung.

, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€, Alfabeta, Bandung.

Supranto, J. 2004. “Proposal Penelitian Contohâ€. Jakarta : Universitas Indonesia (UNI-PRESS).

Supriyanto. 2009 . “Metodologi Riset Bisnisâ€, PT. Indeks, Jakarta

Swastha, Basu. 2006. “Manajemen Pemasaran Moderenâ€. Edisi kedua. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. “Service Quality & Satisfactionâ€. Edisi 3. Andi Offset, Yogyakarta.

“Pemasaran Strategikâ€.Edisi 2.Andi Offset, Yogyakarta.

Zeithaml, V. et al. 2009. “Services Marketing Integrating Customer Focus Across The Firmâ€, 5 edition. Grow Hill : Mc.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i2.7618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com