Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran umkm pangan di samarinda

Cantika Virgores, Gusti Noorlitaria Achmad, Herning Indriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing untuk meningkatkan Kinerja Pemasaran. penelitian ini dilakukan  pada UMKM pangan di Samarinda dengan menggunakan sebanyak 120 sampel. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis path. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara langsung kepada pemilik atau pengelola UMKM pangan di Samarinda. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu SmartPLS.


Keywords


Orientasi Kewirausahaan; Orientasi Pasar; Keunggulan Bersaing; dan Kinerja Pemasaran.

References


Abdillah, Willy, dan Jogiyanto Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Absah, Yeni. 2008. “Kompetensi: Sumberdaya Pendorong Keunggulan Bersaing Perusahaan.†Jurnal Manajemen Bisnis.

Alrubaiee, L. (2013). An investigation on the Relationship between New Service Development , Market Orientation and Marketing Performance. European Journal of Business and Management, 5(5), 1–27. https://doi.org/10.1109/HICSS.2003.1173760

Awwad, Abdulkareem S., Adel A. Al Khattab, & John R. Anchor. 2013. “Competitive Priorities and Competitive Advantage in Jordanian Manufacturing.†Journal of Service Science and Management 06(01): 69–79. http://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/jssm.2013.61008.

Baker, William E., & James M. Sinkula. 1999. “The Synergistic Effect of Market Orientation and Learning Orientation on Organizational Performance.†Journal of the Academy of Marketing Science.

Becherer, Richard C, Diane Halstead, & Paula J Haynes. 2003. “Internal Environment Effects of the Internal Environment.†6(1).

Bhargava, M., Dubelaar, C. & Ramaswami, S. (1994), "Reconciling Diverse Measures of Performance: A Conceptual Framework and Test of a Methodology", Journal of Business Research, Vol.31 pp. 235-246.

Djodjobo, Cynthia Vanessa & Hendra N. Tawas. 2014. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning.†Jurnal EMBA 2(3): 1214–24. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5800.

Ferdinand, Augusty. 2002. “Marketing Strategy Making: Proses Dan Agenda Penelitian.†Jurnal Sains Pemasaran Indonesia ISSN 1412–8527,Vol.1 Hal. 1–22.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. 5th ed, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferreira, Joao, and Susana Azevedo. 2007. “Entrepreneurial Orientation as a Main Resource and Capability on Small Firm’s Growth.†Munich Personel RepEc Archive (November).

Frishammar, Johan, & Sven Åke Hörte. 2007. “The Role of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation for New Product Development Performance in Manufacturing Firms.†Technology Analysis and Strategic Management.

Sukarno, Gendut. 2011. "Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Peran Lingkungan, Inovasi Produk Dan Kreatifitas Strategi Pemasaran". Jurnal Manajemen Bisnis. 15(3):332-351.

Ghozali Imam, Hengky Latan. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gradistya, Giska Ova & Farida Naili. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol.5 No.3.

Hatta, Iha Haryani. 2015. “Kapabilitas Pemasaran Dan Kinerja Pemasaran.†Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) 13(4): 653–61.

Indriani, Farida. 2006. “Experiential Marketing Sebagai Suatu Strategi Dalam Menciptakan Customer Satisfaction Dan Repeat Buying Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran.†Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi. 3(1): 28. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo.

Jaworski, Bernad J., Kohli, Ajay K. Jaworski. 1993. “Market Orientation: Antecedents and Consequences.†Journal of Marketing 57(July 1993): 53–70.

Keh, Hean Tat, Thi Tuyet Mai Nguyen, and Hwei Ping Ng. 2007. “The Effects of Entrepreneurial Orientation and Marketing Information on the Performance of SMEs.†Journal of Business Venturing 22(4): 592–611.

Lumpkin, G. T., & Gregory G. Dess. 1996. “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking It to Performance", Academy of management Review 21(1): 135–72.

Mahmood, Rosli, & Norshafizah Hanafi. 2013. “Entrepreneurial Orientation and Business Performance of Women-Owned Small and Medium Enterprises in Malaysia : Competitive Advantage as a Mediator.†International Journal of Business and Social Science 4(1): 82–90.

Murwatiningsih, Rini Setyo Witiastuti, & Nina Oktarina. 2016. “Improving Business Performance through Creative Entrepreneur , Superior Business and Entrepreneurial Networks.†International Journal of the Computer, the Internet and Management 24(3): 23–26.

Prakosa, Bagas. 2005. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing.†Jurnal Manajemen dan Organisasi 2 No. 1: 35–57.

Rachmat, Basuki. 2007. "Orientasi Pelanggan, Orientasi Pasar Dan Inovasi serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Bisnis Hotel Berbintang Tiga Di Indonesia". Jurnal Manajemen Bisnis. 11(3): 367-390.

Salman, Abbas. 2015. “The Effect of Market Orientation on Product Innovation.†Journal of Business and Management 17(4): 40–46.

Setiawan, Heri. 2012. “Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil.†Jurnal Orasi Bisnis. ISSN: 2085-1375.

Sukarno, Gendut. 2011. "Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Peran Lingkungan, Inovasi Produk Dan Kreatifitas Strategi Pemasaran". Jurnal Manajemen Bisnis. 15(3):332-351.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uncles, Mark. 2000. “Market Orientation.†Australian Journal of Management 25(2): i–ix. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/031289620002500201.

Wicaksono, Gumirlang, and Audita Nuvriasari. 2012. “Meningkatkan Kinerja UMKM Industri Kreatif Melalui Pengembangan Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar: Kajian Pada Peran Serta Wirausaha Wanita Di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY.†Jurnal Sosio Humaniora 3(4): 27–39.

Yadaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi: Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. Badan Penerbit Interpena. Yogyakarta.

Zimmerer, W. Thomas, Scarborought Norman M., dan Wilson Doug. 2008. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management, Deny Arnos Kwary (Terjemahan), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i4.7585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com