Pengaruh gaya kepemimpinan dan kompensasi serta lingkungan kerja terhadap kepuasaan kerja

Indriani Indriani, Siti Maria, Alexander Sampeliling

Abstract


Indriani,2019. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi serta Lingkungan Kerja terhadap Kepuasaan Kerja pegawai Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang. Penelitian ini dilakukan pada instansi pemerintah di Bontang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode jenuh. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan gaya kepemimpinan berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan tidak signiikan terhadap kepuasan kerja pegawai.


Keywords


Gaya kepemimpinan; kompensasi; lingkungan kerja; kepuasaan kerja

References


Abdillah, Willy dan Jogiyanto hartono.(2015). partial least square (PLS). yogyakarta: CV. Andi Offiset .

Afianto, Izaz Dany dan Hamidah Nayati Utami. (2017). Pengaruh disiplin kerja dan komunikasi organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan studi pada divisi marketing PT.Victory International Futures Kota Malang . 58-67.

Awamleh, Read and Cedwyn. Fernandes. (2004). The impact of transformational and transactional leadership styles on employee's satisfaction and performance and empirical test in a multicultural environment. 65-76.

Dhermawan, Anak Agung Ngurah Bagus et al. (2012). pengaruh motivasi, lingkungan kerja, kompetensi dan kompen dinas pekerjaan umum provinsi balisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai di lingkungan kantor. 173-184.

Fahmi, Irham. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Alfabeta.

Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hussein, Ananda Sabil. (2015). Penelitian bisnis dan manajemen menggunakan Partial Least Square (PLS) dan smartPLS 3.0 . Malang: UB press.

Kartini, Amelia dan A.Aji Tri Budianto. (2015). PT.Perusahaan Gas Negara (PERSERO) tbk SBU Distribusi wilayah jakarta. . 100-124.

Kartini, Kartono. (2008). Pemimpin dan Kepemimpinan . Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Khan, Rabia Inam, Hassan Dania Aslam dan Irfan Lodhi. (2011). compensation Management: Astrategic conduit towards achieving employee retention and job satisfaction in baking sector of Pakistan. 89-97.

Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.

Priansa, Donni Juni. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia . Bandung: Alfabeta.

Pratiwi Kurniasari dan Fathul Himam (2014). Kualitas kerja ditinjau dari kepuasan kerja dan persepdi terhadap kinerja . 42-35.

Rahmawati, Nela Pima, Bambang Swasto dan Arik Prasetya. (2014). Pengaruh Lingkungan kerja terhadap kinerja pada studi karyawan kantor pelayanan pajak pratama Malang Utara. 1-9.

Saputra, Dw Gd Agus dan I nyoman Sudharma.(2017). pengaruh promosi jabatan , pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. 1030-1054.

Satyawati, Ni Made Ria dan I Wayan Suartana. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan kerja yang berdampak pada kinerja keuangan . 17-31.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja . Bandung: Mandar Maju.

Simamora, Henry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sinurat, Elferida J.(2017). pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Himawan Medan . 92-106.

Sugiyarti, Gita. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja , Budaya Organisasi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai studi pada Fakultas Ekonomi Universitas 17 agustus 1945 Semarang. 73-83.

Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia . Yogyakarta: CAPS ( center for academic publishing service).

Sutrisno, Edy. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Suwanto dan Donni J.P. (2011). Manajemen SDM: Dalam Organisasi Publik dan Bisnis . Bandung: Alfabeta.

Tanjung, Hendri dan Arep Ishak. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Universitas Trisakti.

Wibowo, Mukti, Muhammad Al Musadieq dan Gunawan Eko Nurtjahjono. (2014). pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan studi pada karyawan PT.Telekomunikasi indonesia tbk. 1-9.

Widodo, Suparno Eko (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i1.7545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com