Pengaruh diskon harga, bonus kemasan dan tampilan dalam toko terhadap keputusan pembelian impulsif

Fitriani Fitriani, Syarifah Hudayah, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diskon harga,bonus kemasan dan tampilan dalam toko terhadap keputusan pembelian imfulsif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Diskon Harga(X1) berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Keputusan Pembelian Imfulsif. Hasil menyatakan bahwa pengunaan diskon harga dapat menimbulkan keputusan pembelian imfulsif, (2) Bonus Kemasan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keputusan pembelian imfulsif. Hasil menyatakan bahwa bonus kemasan dapat menimbulkan keputusan pembelian imfulsif, (3) Tampilan Dalam Toko (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Imfulsif. Hasil menyatakan tampilan dalam toko dapat menimbulkan keputusan pembelian imfulsif.


Keywords


Diskon harga; bonus kemasan; tampilan dalam took; keputusan pembelian imfulsif

References


Apriliani Rina dan Khuzaini (2017). Pengaruh Price Discount,Positive Emotion danIn-StoreStimuli terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmu dan Riset ManajemenVolume 6, Nomor 6, Juni.

Abdillah, Willy, dan Jogiyanto Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Bong,s,(2013). Pengaruh In-Store Stimuli terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket Di Jakarta.Jurnal Ekonomi dan Manajemen Indonesia 3(1);33-34.

Chen, H., Marmorstein, H., Tsiros, M., & Rao, A. R. (2012). When more is less: The impact of base value neglect on consumer preferences for bonus packs over price discounts. Journal of Marketing, 76(4), 64-77.

Faisal Ikhwan dan Sari Rusmilah Della (2018). Pengaruh Pricen Discount,BonusPack dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying Pada Giant Ektra Banjar. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 2 No.1. Hal. 51-60.

Ghozali, Imam dan Latan, Hengky (2015). Partial Least Square Konsep Teknik danAplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan PenerbitUniversitas Diponegoro.

Grewal Dhruvv,DKK (2017). Journal The Effect of Store Name,Brand Name, and Price Discounts On Consumers’ Evaluation and Purchace Intention.

Haironi Mohamad (2018). Pengaruh Discount Price dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying Produk Obat Nyamuk HIT diPamella Swalayan Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara. Vol.1 No.3 Maret.

Hussein,Ananda Sabil. 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0. UB Press. Malang.

Jaya, I Gede Nyoman Mindra dan I Made Sumetajaya. 2008. Permodelan, Persamaan Struktural Dengan Partial Least Square,Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika: 118-132.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid 2.Jakarta:PT Indeks.Maymand,M.M,& Mostafa Ahmadijened (2011).ImpulseBuying:The Role of Store Environmental Stimulation and ] Situational Factors (AnEmpirival Investigation). Journal of Bussines Management.Vol.5(34).

Kusumandaru,(2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack,danInstore Display Terhadap Impulse Buying Matahari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol,6 Nomor 9, September,ISSN:2641-0593.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i1.7253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com