Analisis persediaan obat paten berdasarkan metode always better control (abc) indeks kritis

Tria Ariani, Zainal Ilmi, Rizky Yudaruddin

Abstract


Kebijakan Pemerintah mengenai penggunaan alternatif obat paten memiliki alasan yang memiliki kegunaan yang cukup efektif. Ini karena obat paten adalah obat yang memiliki bahan aktif yang lebih terjamin kualitasnya, keamanannya, dan kecepatan fungsinya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persediaan obat paten dan dilakukan di Apotek Rayyan Farma menggunakan data satu tahun. Penelitian ini menggunakan analisis ABC Indeks Kritis yang bertujuan untuk mengklasifikasikan obat paten yang cukup bervariasi sehingga dapat mengoptimalkan sistem manajemen persediaan Farmasi Rayyan Farma yang dapat dilihat dari analisis nilai pakai ABC dan hasil analisis nilai investasi ABC sehingga dapat dijadikan salah satu acuan untuk menganalisa persediaan untuk periode – periode tahun berikutnya dan dapat meminimalisir kerugian dan mengoptimalkan keuntungan untuk Apotek Rayyan Farma.



Keywords


Analisis indeks kritis abc; persediaan

References


Bachrun, Edy. 2017. “Efektifitas Metode ABC (Activity Based Costing) Dalam Analisis Perencanaan Obat JKN Di Puskesmas Dagangan Kabupaten Madiun.” Jurnal Kesehatan 8(2):250.

Budiman, Arif, Angga Kautsar, and Riza Yuniar. 2016. “Evaluasi Persediaan Obat Pasien JKN Dengan Metode ABC Di Salah Satu Puskesmas Wilayah Kota Bandung.” Farmaka 14(1):1–15.

Chalker, John. 2012. Management Access to Medicine and Healthy Technologies. 3rd ed. edited by G. L. Embrey Martha, Ryan Marian. Arlington,USA.

Dyatmika, Stephanus Bimata and P. Didit Krisnadewara. 2017. “Pengendalian Persediaan Obat Generik Dengan Metode Analisis Abc, Metode Economic Order Quantity (Eoq), Dan Reorder Point (Rop) Di Apotek Xyz Tahun 2017.” 30(1):87–95.

Heizer, Jay &. Render. 2014. Pengendalian Persediaan.

Ristono, Agus. 2013. Manajemen Persediaan. 1 ( pertama). Yoyakarta.

Rusdiana. 2018. Manajemen Operasi. 1st ed. edited by A. B. Saebani. Jawa Barat.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Teori, Variabel Dan Data. Yoyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v6i4.7133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 
 
JIMM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License