Pengaruh endorser credibility dan brand familiarity terhadap purchase intention produk oppo smartphone di surya phone samarinda

Chaerul Adisatria, Saida Zainurossalamia ZA, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui Pengaruh Endorser Credibility dan Brand Familiarity Terhadap Purchase Intention Produk OPPO Smartphone di Surya Phone Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan Surya Phone yang  tidak teridentifikasi jumlahnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah regresi linear berganda. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer dilakukan dengan metode survey yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung di Surya Phone Samarinda. Pengolahan data primer dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 25.      Hasil penelitian ini menunjukkan endorser credibility dan Brand familiarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.

Keywords


Endorser Credibility, Brand Familiarity, Purchase Intention, Smartphone

References


Belch, George E., and Michael Belch. 2003. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw-Hill.

Briliana, Vita. “Pengaruh Involvement, Familiarity, Brand Loyalty dan Price Sensitivity Terhadap Consumer Evaluation Pada Pembelian Produk Susu Bubuk, Jurnal Bisnis dan Akuntansi. vol. 10, no. 2, Agustus. 2008.

Ferdinand, Augusty. 2006. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Ohanian, Roobina. “Construction and Validation of a Scale to Measure Celebrity Endorsers’ Perceived Expertise, Trustworthiness, and Attractiveness.†Journal of Advertising, 1990, doi:10.1080/00913367.1990.10673191.

Simonin, Bernard L., and Julie A. Ruth. “Is a Company Known by the Company It Keeps ? Assessing the Spillover Effects of Brand Alliances on Consumer Brand Attitudes.†Journal of Marketing Research, 1998, doi:10.2307/3151928.

Spears, Nancy, and Surendra N. Singh. “Measuring Attitude toward the Brand and Purchase Intentions.†Journal of Current Issues and Research in Advertising, 2004, doi:10.1080/10641734.2004.10505164.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. Penerbit Interpena Yogyakarta. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i3.6769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com