Pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas, serta pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang

Rennyta Suciati Indriani, Djoko Setyadi, Musdalifah Aziz

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang di peroleh dari data publikasi tahunan laporan keuangan perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018, dengan jumlah sampel penelitian ini terdiri 12 perusahaan. Pengujian dilakukan dengan analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan bantuan program komputer yaitu program SPSS versi 24.
Hasil pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang pada perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018. Pada hasil pengujian hipotesis yang lain menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan dari ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018.


Keywords


Ukuran perusahaan; profitabilitas; pertumbuhan penjualan; kebijakan hutang

References


Armelia, Shelly, 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas Dan Struktur Aktifa Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Go Publik (Studi Sektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga)Nadzirah, Fridayana Yudiaatmaja. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal.

Ali Kesuma. 2009. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go-Public Di BEI. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Vol. II. No.1/Hal: 38–45.

Brigham dan Houston. 2013. Fundamentals of Financial Management.

Terjemahan. Edisi 11, Salemba Empat. Jakarta.

Brigham, EF., & Gapenski, Louis C. 1996. Intermadiate Finance Management. 5 th ed. Harbor Drive: The Dryden Press.

Brigham, EF., & Houston, JF. 1990. Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan. Erlangga: Jakarta.

Brigham, EF., & Houston, JF. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Damayanti Dinar, 2012. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Di Bei Periode 2008-2012.

Dwi Suryani, Ade. 2015. Pengaruh Free Cash Flow, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro..

Ghazali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariant dengan Program SPSS21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Harahap, Sofyan Syafri.2008. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i2.6706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com