Pengaruh motivasi hedonis dan browsing serta gaya belanja terhadap pembelian impulsif pada toko online shop shopee di samarinda

Juraidah Juraidah, Syarifah Hudayah, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujun untuk menganalisis pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Belanja TerhadapPembelian Impulsif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purpositivesampling. Sampel yang digunakan dalam penelitin ini adalah sebanyak 75 responden. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0.Hasil  penelitian ini menunjukkan: (1) Motivasi Hedonis(X1) berpengaruh positif  terhadap Pembelian Impulsif. Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Motivasi Hedonis maka Pembelian Impulsif akan semakin tinggi. (2) Browsing (X2) Berpengaruh Positif TerhadapPembelian Impulsif.Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Browsing maka Pembelian Impulsif akan semakin tinggi. (3) Gaya Belanja (X3) Berpengaruh Positif Terhadap Pembelian Impulsif maka Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Gaya Belanja maka Pembelian Impulsif akan semakin tinggi.


Keywords


Motivasi hedonis; browsing; gaya belanja; pembelian impulsif

References


Dawson, Sandy and Minjeong Kim. 2010. Cues onApparel Websites that Trigger

Impulse Purchases. Journal of Fashion Marketing andManagement. Vol. 14, No. 2, pp. 230-246

Egeln L.S. and Joseph, J.A. 2012. Shopping Cart Abandonment in Online Shopping. Atlantic Marketing Journal. Vol. 1, No. 1, pp. 1-14.

Ferdinand, Augusty. DBA. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

G?ltekin, B., dan ?zer L., 2012, The Influence of Hedonic Motives and Browsing On Impulse Buying, Journal of Economics and Behavioral Studies, Vol. 4, No. 3, pp. 180-189, Maret, (ISSN: 2220-6140)

Japarianto, E., dan Sugiharto S., 2011, Pengaruh Shopping Life Style dan fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No. 1, April: pp 32-41.

Kosyu, Dayang Asning, Hidayat, Kadarisman dan Abdilah, Yusri, 2014 Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 14 No.2

Levy, M and Weitz, B.A. 2009.Retailing Manajemen.7Ed. New York: Mc Graw Hill.

G. Muruganantham1 & Ravi Shankar Bhakat1 (2013) A Review of Impulse Buying Behavior.International Journal of Marketing Studies; Vol. 5, No. 3; 2013

Ozen, Hilal and Nil Engizek. 2014. Shopping Online Without Thinking: Being Emotional or Rasional?. Asia Pasific Journal of Marketing and Logistics. Vol. 26, No. 1, pp. 78-93

Schiffman dan Kanuk. 2008.Consumer Behavior. Edition8.

Subagio, H., 2011, Pengaruh Atribut Supermarket terhadap Motif Belanja Hedonis,Motif Belanja Utilltarian dan Loyalitas Konsumen, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 6, No 1, April: 8-21

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Tatik Suryani. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet. Edisi Pertama-

Yogyakarta; Graha Ilmu ISBN: 978-979-756-996-9

Taslim, B., dan Septianna A., 2011, Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kreativitas Tenaga Pendidik SMA Methodist 2 Palembang, Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi, Vol. 1 No. 2, Mei.

Verhagen, T and W. Van Dolen. 2011. The Influence of Online Store Beliefs on

Consumer Online Impulse Buying: A Model and Empirical Application. Journal Information & Management. Vol. 48, No. 8, pp. 320-327

Utami, Chirstina Whidya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i1.6457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com