Pengaruh word of mouth dan minat beli terhadap keputusan pembelian

Indah Amaliyah, Suharno Suharno, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Word Of Mouth dan Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian VIVO Smartphone di Samarinda. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen VIVO Smartphone yang berjumlah 100 responden. Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan analisis jalur melalui software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh word of mouth dan minat beli secara parsial, terdapat pengaruh positif signifikan word of mouth terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh positif minat beli terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Word of mouth; minat beli; keputusan pembelian

References


Adzharuddin, Nor Azura, Moses, Ibrahim Oyewole, dan Yusoff, Siti Zanariah. 2017. The Influence of Brand Image of Perodua Axia on Consumer’s Decision Making, 7(6), 1072–1087. Malaysia. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i6/3067. Badri, Sutrisno. 2012. Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif. Ombak, Yogyakarta

Belch, G.E. dan Belch, M.A. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Prespective . New York

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Joesyiana, Kiki. 2018. Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli pada Media Online Shope Shopee di Pekanbar. Akademi sekretari dan manajemen persada bunda Pekanbaru. Jurnal Valuta Vol. 4 No.1 April 2018 ISSN :2502-1419

Kartajaya, Hemawan. (2015). Marketing In Challenging Times. (E. Hardi, Ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Kotler, P., & Amstrong, G. (n.d.). (2008). Prinsip - Prinsip Pemasar. (W. C. Kristiaji, Ed.) (12th ed.). Erlangga.

Rahmawati. 2018. Pengaruh Harga dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee. Jurnal riset sains manajemen Vol.2 No.4 ISSN : 2594 – 4726.

Rachmawati, D.,Maria M., & Patricia P. (2015). Pengaruh Word Of Mouth, Tingkat Pendapatan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Semarang :Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang

Rembon, Alva, Lisbeth Mananeke dan Emilia Gunawan. 2017. Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Kangzen Kenko Indonesia di Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNiversitas Sam Ratulangi Manado.Jurnal EMBA ISSN 2303-1174 Vol.5 No.3 September 2017, Hal. 4585-4594.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i2.6417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com