Pengaruh asimetri informasi dan struktur kepemilikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di bursa efek indonesia

Indah Yulia Citra, Felisitas Defung, Muhammad Amin Kadafi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah asimetri informasi (ASYM)  dan  struktur  kepemilikan  (KPM)  berpengaruh  terhadap  kebijakan dividen (DPR). Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2017. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 8 perusahaan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi data panel statistic deskriptif, uji hipotesis, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Struktur kepemilikan menunjukkan pengaruh negatif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.


Keywords


Asimetri informasi; struktur kepemilikan; kebijakan dividen

References


Arifin, Zainal. 2009, Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada warga Perumnas Sawojajar pelanggan Koran Jawa Pos Radar Malang).

Amalia, Suri, Asmara, M. Oloan. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Hndphone Merek Xiaomi di kota Langsa: Volume 6 No.1

Akbar, Muhammad Fadlizil, Lubis, Nawazirul dan Listyorini, Sari. 2013. “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pemilik Iphoneâ€.

Angipora, Marius P., 2002, Dasar-Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada:Jakarta

Buchari, Alma. 2004. Manajemen Pemasaran dan Manajemen jasa,Edisi Revisi, Bandung:Penerbit CV.Alfabeta.

Bilson, Simamora. 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Baedowi, Mohammad Maftu dan Lataruva, Eisha. 2012. “Analisis pengaruh kualitas produk, kesesuaian harga, dan intensitas promosi terhadap keputusan pembelian konsumen.

Cannon, Joseph P., Perreault, Jr.William D., McCarthy, E.Jerome. (2008). Pemasaran Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Edisi Keenam Belas. Salemba Empat. Jakarta.

Fandy,Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Andi, Yogyakarta.

Fajarianto, Bayu, Nawazirul Lubis dan Saryadi. 2013 “Pengaruh kualitas Pelayanan dan Brand image terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan†(studi kasus pada CV. AHASS sahabat sejati motor tembalang Semarang).

Ginting, Y.Jeny, Moniharapon, Silcyjeova, dan Walangitan, D.Mac 2015 “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihtsu Xenia pad PT. Astra Internasional Daihatsu di Manadoâ€

Gaspersz, Vincent. 2007. “Lean Six Sigma for Manufacturing and Services Industries. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Halim, Peter, Swasto, Djamhur Hamid, Riza, Firdaus M. 2014 “The influence of Product Quality, Brand Image, and Quality of service to customer trust and Implication on customer Loyalty (Survey on Customer Brand sharp Electronic Product at the South Kalimantan Provice)â€Vol 6 No 159-166.

Kotler, Philip, and Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Edisi 13, jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta

Labiro, Mentari Kasih. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk pada Keputusan Pembelian produk Purbasari Lipstick Matteâ€.

Lesmana, Rosa, 2011, Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pizza hut Semeru Malang.

Masyitoh, Dewi, 2009, Pengaruh Promosi dan Citra Merek (Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz Pada PT Istana Cenderawasih Motor Semarang, e-prints repository, Universita Diponegoro, Semarang.

Momani, Ahmad dan Raed 2015 “The Impact of Brand Dimension on the Purchasing Decision making of the Jordanian Consumer for Shooping Goods†Vol 6 No 7.

Mendrofa, Jaya Kristiurman, dan Sabar, Mudji. 2016 “Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap minat beli Domain.idâ€: pp 1-15.

Monawaroh, Siti, 2011, Pengaruh kualitas produk, promosi dan desain terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor Mio di Banjarbaru Kalimantan.

Muharam, Wifky, Soliha, Euis 2017. Kualitas Produk, Cotra Merek, Presepsi Harga dan Keputusan Pembelian konsumen Honda Mobilio.

Mendrofa, Jaya Kristiurman dan Sabar, Mudji, 2016. Pengaruh Harga, Citra merek dan Kualitas produk terhadap minat beli domain.id.

Momani, Ahmad, Raed, 2015. The impact of brand dimension on the purchasing decision making of the jordanian consumer for shopping goods. Vol.6, no.7

Manoppo, Jacki R dan Tumbuan, Willem J.F Alfa 2014. “Citra merek, kualitas produk, dan promosi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian parfum Excite Oriflameâ€. Jurnal EMBA Vol.2 No.2 Juni 2014, Hal. 1032-1042.

Musay, F.P. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian: Survei pada Konsumen KFC Kawi Malang. Universitas Brawijaya. Malang.

Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nursya'bani Purnama (2006). Manajemen Kualitas, Perspektif Global, Edisi Pertama, Ekonisia Fakultas Ekonomi

Nugroho, Adi, 2010, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian telpon seluler nokia.

Nugraha, Aji Aninditya, Widayanto, W. Handoyo, 2014. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acerâ€.

Pradana, Dedhy. Hudayah, Syarifah dan Rahmawati 2017 Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Kinerja. Volume 14 (1) 2017, 16-23. Available Online: Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/KINERJA

Pratama, Dimas dan Apriatni, 2014. “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Jâ€.

Purnama, Nursya’bani. 2006. Manajemen Kualitas: Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonisia.

Peter Halim, Bambang Swasto, Djamhur Hamid, M. Riza Firdaus. The Influence of Product Quality, Brand Image, and Quality of Service to Customer Trust and Implication on Customer Loyalty (Survey on Customer Brand Sharp Electronics Product at the South Kalimantan Province). Universitas Brawijaya Malang 2014.

Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Remaja Rosdakarya, bandung

Septian, Recha, 2011, Pengaruh citra merek terhadap keputusan konsumen membeli produk sepeda motor merek Honda (studi pada pemilik motor honda di desa sutojayan pakisaji malang).

Setioko, A. R, 2010, Pengaruh kualitas produk, harga, display dan promosi terhadap pembelian kaos tee-shirt.

Sunyoto, Danang. 2011. Metodologi Penelitian Ekonomi. CAPS: Yogyakarta.)

Seftiana, Shinta. 2017 “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada sabun mandi cair Dettolâ€.

Sekaran, Uma. (2011). Research Methods for business Edisi I and 2. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabea

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. ALFABETA.

Sanusi, A. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Tandjung, W. 2004. Marketing Management Pendekatan pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang : Banyumedia,

Triastuti, Masfuana, 2011, Pengaruh Kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian telpon seluler nokia (studi pada harpindo jaya lembang)

Tamumu, Melvern dan Tumewu, Ferdinand. 2014 “Analyzing the influence of Prirce and Product Quality on Buying Decision Honda Matic Motorcycle in Manado†Vol 2 No 3.

Tamunu, Melvern, Tumewu, Ferdinand, 2014. Analyzing the influence of price and product quality on buying decision honda matic motorcycle in manado. Vol.2 no.30

Utami, Vera Agusta Mei. Dan Suhermin. 2016 “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian†Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 5, Nomor 7, Juli 2016

Wicaksono, Bagus. (2010), Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian NoteBook Acer Di Acer Point Malang, diakseslib.uinmalang.ac.id/files/thesis/fullchapter/05610052.ps pada tanggal 10 Maret 2011.

Vranesevic, Tihomir. 2003. “The effect of the brand on perceived quality of food productsâ€, British Food Journal, Vol.105, No.11, p.811-825.

Zaman, Rashid. (2014), impact of brand image and service quality on consumer purchase intention : A study of retail store in pakistan. Vol 04 pp. 98-105.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i3.6287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com