Pengaruh pengalaman berbelanja online dan kepuasan terhadap kepercayaan dan niat membeli kembali

Soji Soji, Jiuhardi Jiuhardi, J. Kuleh J. Kuleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman berbelanja online dan kepuasan terhadap kepercayaan dan niat membeli kembali pada situs belanja online Lazada.co.id studi pada konsumen Lazada.co.id di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan path analysis yang diolah dengan software SPSS dan SEM AMOS. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 orang. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrument berupa kuisioner dengan skala likert 5. Dalam penelitian ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya dilakukan uji structural model fit. Berdasarkan model structural dapat dibuktikan bahwa pengalaman berbelanja online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Pengalaman berbelanja online berpengaruh positif tidak signifikan terhadap niat membeli kembali. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali


Keywords


Experience shopping online; satisfaction; trust; repurchase intention

References


Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Cetakan Pertama. Jakarta: Mitra Utama.

Adji, J., dan Semuel, H. 2014. Pengaruh satisfaction dan trust terhadap minat beli konsumen (purchase intention) di Starbuck The Square Surabaya. Jurnal Manajemen

Augusty Ferdinand. 2002. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Penerbit BP UNDIP.

. 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen Edisi 5. Semarang. BP Undip.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran (EdisiPertama). SalembaEmpat: Jakarta.

Chinomona, R., and Dubihlela, D. 2014. Does customer satisfaction lead to customer trust, loyalty and repurchase intention of local store brands? The case of Gauteng Province of South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5 (9): 23-32.

Ciptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Fornell, C. 1992. A national customer satisfaction barometer: The Swedish experience. Journal of Marketing, 56 (1): 6-21.

Ghozali, Imam. 2007.Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang.Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. 2017. Model Persamaan Struktural : Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, Cipta. 2010. berbelanja smart dan membuka gerai gaul di kaskus. jakarta: PT Elex Media Computindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing (Edisi 13). United States of America: Pearson.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Jakarta: Indeks.

Lin, C., and Lekhawipat, W. 2014. Factors affecting online repurchase intention. Industrial Management & Data Systems, 114 (4): 597-611.

Lovelock, Chirstoper dan Jochen Wirtz. 2011. Service marketing. Pearson: New jersey USA.

Malhotra.K. Naresh. 2012. Marketing Research: “An Approach” . Fourth edition. Pearson Education Limited. England.

McKnight, D.H., Choudhury, V., Kacmar, C. 2002b. The Impact of Initial Trust Consumer on Intention To Transact With A Web Site: A trust building Model. Journal of Strategic Information System. 1193-4, 297-323.

Monsuwe, TonitaPerea y; Dellaert Benedict G.C dan Ruyter Ko de. 2004. “What Drives Consumers to Shop Online? A Literature Review”. International Journal of ServiceIndustry Management. Volume 15, Number 1.

Nugroho, Adi. 2006. E-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika.

Oliver, Richard L (1993), “Cognitive, Affective, and Attribute Bases of the Satisfaction Response,”.Journal of Consumer Research. Vol.20, December, 418-430.

Parastanti, GP.,Srikandi, K., dan Kadarisman, H. 2014. Pengaruh Prior Online Purchase experience TerhadapTrust dan Online Repurchase Intention.Jurnal Administrasi Bisnis(JAB), 16 (1): 1-7.

Priyatno, Dwi. 2014. SPSS 22 : Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta. Andi

Rose, S., Clark M., Samouel, P., and Hair, N. 2012. Online customer experience in e-retailing: an empirical model of antecedent and outcomes. Journal of Retailing, 88 (2): 308-322.

Saragih, H. dan Ramdhany, R.2012.“Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) Kaskus”. Jurnal Sistem Informasi. Vol. 8, No.2:100-112.

Schmitt, Bernd H. “Experiental Marketing: how to get your customers to sense, feel, think, act, and relate to your company and brand”. The Free Press, 1999.

Sutojo, Siswanto. 2009, Manajemen Pemasaran, PT Damar Mulia Pustaka, Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, Bandung. CV Alfa Beta

Syahran. 2008. Pengaruh Privasi, keamanan, Kepercayaan dan Pengalaman terhadap Niat untuk Bertransaksi Online. Tesis. Program S2 Magister Manajemen Universitas Gajah Mada. Yogjakarta.

Tjiptono. 2004. Strategi Pemasaran (edisi kedua). Andi: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Pemasaran Jasa. Bayu media Publishing. Malang.

Yusnidar, S., dan Restuti, S. 2014. Pengaruh kepercayaan dan persepsi resiko terhadap minat beli dan keputusan pembelian produk fashion secara online di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, IV (12): 311-329.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v6i4.6281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 
 
JIMM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License