Servant leadership dan etos kerja serta reward terhadap kinerja karyawan

Nur Kharisma Ari Gama Putri, Syarifah Hudayah, Dirga Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh servant leadership dan etos kerja serta reward  terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bankaltimtara Syariah Cabang Samarinda sebanyak 89 karyawan. Pengambilan sampel dengan cara teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini jenis dan sumber data yang digunakan dalam tabel penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada karyawan PT.Bankaltimtara Syariah Cabang Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership, etos kerja, dan reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Servant leadership; etos kerja; reward; kinerja karyawan

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Agung, Adi Nugroho. 2006. : Menumbuhkan Service Loyalty melalui Kualitas Pelayanan dan Pengelolaan Respon Emosi Konsumen pada Perusahaan Jasa. Jurnal Manajemen. Vol. 5, No. 2.

Allrise, Molee. 2015. Theory of Reward and Punishment. www.academia.com, tanggal akses 2 Maret 2015.

Anoraga, Panji. 2001. Psikologi Kepemimpinan, Cetakan Ketiga, Jakarta Penerbit Rineka cipta.

Bambang Setiaji. 2008. Cara Mudah Analisis Kuantitatif Dilengkapi Dengan Tutorial SPSS. Surakarta: Al-Es’af University Press.

Dennis, R. 2004. Development of the Servant Leadership Assesment Instrumen. Leadership & Organization Development Journal.

Dra.H. Salidi Samsudin, M.M.M.Pd (2010) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung Penerbit Pustaka Setia.

Edi Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenadamedia Group.

Idrus, M.S. 2012. Inovasi dan Kinerja: Knowladge Sharing Behavior Pada UKM. Elektronik Pratama, Malang.

Khasanah, Uswatun. 2004. Etos Kerja Sarana Menuju Puncak Prestasi. Yogyakarta: Harapan Utama.

Mangkuprawira. (2012). Strategi Efektif Mengelola Karyawan. Bogor: IPB Press.

Malayu S.P. Hasibuan. 2009. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi, Jakarta : Bumi Aksara.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhammad, Aji dan Palupiningdyah. 2015. Pengaruh Servant Leadership Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Burnout Sebagai Variabel Intervening. Volume 5 No 3.

Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nugroho, Bambang. 2006. Reward dan Punishment. Bulletin cipta karya, departemen pekerjaan umum edisi no 6/IV/ juni 2006.

Oei, Istijanto. 2010. “Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Panji Anoraga. 2001. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahadi, Dedi Rianto. 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang : Tunggal Mandiri Publishing.

Robbins, Stephen P., 2006.Organization Behavior Jilid 1 Edisi 9. Jakarta: PT Indeks kelompok Gramedia.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. (2010). Manajemen (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga.

Salamun. Dkk. 1995. Persepsi Etos Kerja Kaitannya Dengan Nilai Budaya Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogjakarta: Eka Putra.

Sendjaya, S. dan Sarros, J. C. 2002. Servant leadership: Its Origin, Development and Application in Organizations. Journal Of Leadership and Organization Studies.

Sinamo, Jansen. (2011). 8 Etos Kerja Profesional. Jakarta: Institut Dharma Mahardika.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Sukardewi, Nyoman, et.all. 2013. Kontribusi Adversity Quotient (AQ) Etos Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Ampalapura. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, volume 4

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Spears, Larry. 2002. Character and Servant Leadership: Ten Characteristics of Effective, Caring Leaders. The Journal of Virtues & Leadership.

Tasmara, Toto. (2002). Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani Pers

Trompenaars, Fons dan Voerman, Ed. 2009. Servant Leadership Across Cultures: Harnessing the strength of the world's most powerful leadership philosophy. New York: Infinite Ideas Limited.

Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Yudaruddin.2014. Statistik Ekonomi Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. INTERPENA, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i2.6264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com