Pengaruh customer value dan customer experience terhadap customer satisfaction

Putra Darma Negara, Herning Indriastuti, Alexander Sampeliling

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan pengaruh dari Customer Value dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction pada Restoran Pizza Hut di Kota Samarinda dengan menggunakan beberapa variabel yang mempengaruhi Customer Satisfaction yaitu Customer Value dan Customer Experience dari Restoran Pizza Hut sebagai variabel bebas (independen). Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa Customer Value dan Customer Experience memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction Restoran Pizza Hut di Kota Samarinda.


Keywords


Customer value; customer experience; customer satisfaction

References


Alkilani, K., Ling, C. K., Abzakh, A. A. 2013. The Impact of Experiential Marketing And Customer Satisfaction On Customer Commitment In The World Of Social Networks. Jurnal Asian Social Science. 9 (1).

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Ariningsih, Kuswanti dan Tri Septin Muji Rahayu. 2015. Analisa Customer Value Dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Purwokerto).

Chen dan Lin. 2014. In Addition, The Customer Experience Also Positively Affect Customer Satisfaction And Buying Intention. Researchgate.

Christian, Albertus dan Dharmayanti, Diah. 2013. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty The Light Cup di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1 (No. 2).

Ercsey, Ida. 2012. Perceived Quality Of Life As Sustainable Development Facet. Széchenyi István University, Hungary

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen, Badan Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro, Semarang.

Geanida Khaerani Zahra Dan Harrie Lutfie. 2017. Pengaruh Customer Experience Dan Customer Value Terhadap Customer Satisfaction (Studi Pelanggan Café What’s Up Di Depok).

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. ,Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jillian C. Sweeney dan Geoffrey N. Soutar. 2001. Consumer Perceived Value: The Development Of A Multiple Item Scale. Journal of Retailing 77 203220.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Kedua Belas. PT. Indeks. Jakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Lovelock, Christoper & Laurent K. Wright. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Lovelock dan Wirtz. 2011. Services Marketing-People, Technology, and Strategy. 7th Edition, Pearson Prentice Hall.

Lupiyoadi, Rambat, Hamdani A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Majid. 2009. Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi, Rajawali Pers. Jakarta

Mardikawati, Woro dan Farida. 2012. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 2, No. 1.

Nasermoadeli, Amir., Kwek C., Farshad M. (2013) Evaluating the Impacts of Customer Experience on Purchase Intention. Faculty of Business and Information Science, UCSI University. Kuala Lumpur, Malaysia.

Khan, Nasreen.,Sharifah L., Syed A., Hong Y. (2013) Exploring Multi-Dimensions Of Customer Value In Service Industry Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(4): 43-55.

Priyatno, Duwi. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data, Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Risalatin Hijjah Dan Anindya Ardiansari. 2015. Pengaruh Customer Experience Dan Customer Value Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction. Universitas Negeri Semarang.

Pramudita, Yoana dan Japarianto, Edwin. 2013. Analisis Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Customer Satisfaction di De Kasteel Resto Surabaya. Jurusan Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra, Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No.1,(2013) 1-7.

Schmitt, Bernd H. (1999). Experiential Marketing : How to Get Costumer to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. New York: The Free Press.

Same, Siiri., Larimo, Jorma. 2012. Marketing Theory: Experience Marketing And Experiential Marketing. Tallinn University of Technology, Ehitajate tee 5, EE-19086 Tallinn, Estonia.

Smilansky, Shaz. 2009. Experiential Marketing: A practical guide to interactive brand experiences. London: Kogan Page.

Sweeney, J. C., & Soutar, G. N. 2001. Consumer perceived value: The development of a multiple item scale. Journal Of Retailing, 77(2), 203220.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwardi. 2011. Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas. Pelayanan. Politeknik Negeri Semarang.

Thejasukmana, V. A., dan S. Sugiharto. 2014. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Konsumen The Vinnette (House of. Bovin and Lynette) Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Verhoef, P. C., Lemon, K. N., Parasuraman, A., Roggeveen, A., Tsiros, M., & Schlesinger, L. A. (2009). Customer Experience Creation: Determinants, Dynamics and Management Strategies. Journal of Retailing, 85(1), 31-41. DOI: 10.1016/j.jretai.2008.11.001

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Vol. Edisi Pertama.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i2.6095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com