Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas siswa smk negeri 3 tanah grogot kabupaten paser provinsi kalimantan timur

Jumriah Jumriah, Syarifah Hudayah

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah membuktikan dan menganalisis kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas Siswa. Membuktikan dan menganalisis Bukti Fisik (Tangible), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) berpengaruh terhadap Kepuasan siswa. Dan untuk membuktikan dan menganalisis Bukti Fisik (Tigible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy) berpengaruh terhadap Loyalitas siswa. Dan untuk membuktikan dan menganalisis Kepuasan berpengaruh terhadap Loyaltas Siswa.Dalam rangka menguji analisis hipotesis penulis menggunakan alat analisis jalur (analisis path) dengan Smart PLS. Responden penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur dengan jumlah sampel sebanyak 198 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Bukti Fisik (Tagible) tidak mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan siswa, dapat diketahui Keandalan (Reliability) mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan siswa, Daya Tanggap (Responsiveness) tidak mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan Siswa, Jaminan (Assurance) tidak mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan siswa dan Empati (Empathy) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan siswa. Dan Kepuasan siswa mempunyai pengaruh positif terhadap Loyalitas siswa.

Keywords


Service Qualityl Satisfaction; Loyalty



DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i3.6007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com