PENGARUH BEBAN KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. MATAHARI PUTRA PRIMA MALL LEMBUSWANA SAMARINDA

Fajar Suseno, Sukisno Selamet Riadi, Robiansyah Robiansyah

Abstract


Fajar Suseno, Pengaruh Beban Kerja dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja karyawan PT. Matahari Putra Prima Mall Lembuswana Samarinda (Dibimbing oleh Prof. Sukisno Slamet Riadi, SE, MM dan Robiansyah, SE., M.Sc).

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan PT. Matahari Putra Prima Mall Lembuswana Samarinda. Yang kedua adalah untuk mengetahui pengaruh konflik kerja terhadap kinerja karyawan PT. Matahari Putra Prima Mall Lembuswana Samarinda.

Penilitian ini menggunakan 40 responden yang merupakan karyawan PT. Matahari Putra Prima Mall Lembuswana Samarinda. Penelitian ini perlu dikaji secara kuantitatif, oleh karena itu jawaban yang diperoleh dari hasil kuesioner akan diukur dengan menggunakan skala likert dalam lima tingkatan. Analisis data adalah proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang mudah dibaca dan diinterpretasikan. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data guna menguji hipotesis pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Perhitungan ini dilakukan menggunakan sistem komputerisasi dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja dan konflik kerja secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Matahari Putra Prima Mall Lembuswana Samarinda.


Keywords


Beban Kerja, Konflik Kerja, Kinerja karyawan

References


Anggita Astianto. 2014. Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja karyawan PDAM Surabaya, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol, 3 No. 7. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA)

Chasanah,Nur,S.Psi. 2008. Analisis Empowerment, Self Efficacy dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Study Empires pada Karyawan PT. MayoraTbk Regional Jateng dan DIY). Tesis Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Hariyati, M. 2011. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Linting Manual di PT Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta. [Skripsi Ilmiah]. Surakarta: Fakultas Kedokteran UNS.

Iskandar, Sentot. 2012. Pengaruh Beban Kerja, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bank BJB Cabang Padalarang. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterprenership. Vol. 6.ISSN 2443-0633. Hal. 26

Indriyanto, Dwi Yuli. 2013. Pengaruh Komitmen Organisasional dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karywan di Balai Penelitian dan Pengembangan Agama. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Latan, Hengky dan Selva Temalagi. 2012. Analisis Multivariate teknik dan Analisis menggunakan program IBM SPSS 20,0. Bandung : Alfabeta.

Luthans, Fred, 2015. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh : Vivin Andhika Yuwono; Shekar Purwanti; Th.Arie Prabawati; dan Winong Rosari. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mathis, Robert L., dan John Harold Jackson, 2013, Human Resources Management, Thomson Learning

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung

Putra, Aditia, Rano. 2012. Faktor – faKtor penentu minat mahasiswa menejemen untuk berwirausaha. jurnal manajemen. Vol 01. No.01

Robert Kreitner dan Angelo Kinicki. 2015. Perilaku Organisasi edisi 9 buku 2. Jakarta Salemba Empat.

Sedarmayanti, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. PT. Refika Aditama, Bandung.

Silviana, Diah. 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur Kota Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda

Sunyoto, D. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : CAPS.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta.

Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan I. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Schultz, D., & Schultz, S. E. 2016. Psychology Work Today (9 Edition). New Jersey : Pearson Education, Inc.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i1.5943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com