Pengaruh display produk dan promosi serta emosi positif terhadap impulse buying

Eddy Trioko, Suharno Suharno, Gusti Noorlitaria Achmad

Abstract


Fenomena impulse buying merupakan sesuatu yang menarik bagi produsen maupun pengecer, karena merupakan pangsa pasar yang besar dalam pasar modern. Penelitian ini bertujuan : (1) Menganalisis pengaruh display produk terhadap impulse buying. (2) Menganalisis pengaruh promosi terhadap impulse buying. (3) Menganalisis pengaruh emosi positif terhadap impulse buying. Dalam pengumpulan datanya, penelitian ini menganalisis data primer yang dihasilkan dari wawancara langsung dan penyebaran kuesioner pada konsumen yang membeli produk di Matahari Departement Store Mall Lembuswana Samarinda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Display produk berpengaruh positif terhadap impulse buying. (2) Promosi berpengaruh positif terhadap impulse buying. (3) Emosi positif berpengaruh positif terhadap impulse buying. Sebesar 93% impulse buying dipengaruhi oleh variabel display produk, promosi, dan emosi positif, sisanya yaitu 7% dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana variabel promosi menjadi variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap impulse buying

Keywords


Display produk; promosi; emosi positif; impulse buying

References


Arifianti, Ria. 2011. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Hypermarket di Kota Bandung. Retrieved from Library Universitas Padjajaran.

Fatchur Rohman. (2009), “Peran Nilai Hedonik Konsumsi dan Reaksi Impulsif sebagai Mediasi Pengaruh Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di Butik Kota Malangâ€, Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 7 No. 2, pp. 251-261.

Hatane, Samuel, 2006. Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumber Daya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Medias. Jurnal Manajemen Kewirausahaan. Vol 8 No 2, pp : 101-115.

I’sana, Allan Dwi dan Rini Nugraheni. 2013. Analisis Pengaruh Display Produk, Promosi Below The Line, dan Emosi Positif Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Sri Ratu Departement Store. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Vol. 2, No. 2, pp 58-65, ISSN (Online) : 2337-3792.

Japarianto, E. and Sugiharto, S. 2011. Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income surabaya . Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No. 1, pp.32-41.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kurniawan, Deny dan Yohanes Sondang Kunto. 2013. “Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya)â€. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Volume 1 Nomor 2 hal 1-8.

Noorlitaria, Gusti; Suharno; dan Aldi, Saputra. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Impulse Buying Produk Jersey Sepak Bola Grade Ori Klub Eropa (Studi Kasus di Toko Fans Balikpapan). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Mulawarman. Vol 3 No.4

Pentecost, R & Andrews, L.2010. Fashion Retailing and Bottom Line : The Effects of Generational Chorot, Gender, Fashion Fanship, Attitudes, and Impulse Buying On Fashion Expenditure. Journal Retailing and Costumer Service, 17(3) pp :43-52

Premananto, Gancar Candra. 2007. “Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Impuls Dengan Pendekatan Psikologi Lingkungan Dan Rantai Kausalitas.†Jurnal Antisipasi, Vol. 10, No. 1, Hal. 172-184

Rangkuti, Fredy, (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Utami, C.W., 2012, Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern), Jagakarsa, Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, Budhi Yadi. 2007. Konsumen Indonesia Sangat Sembrono. Marketing. Jakarta. Hal 86.

Wicaksono, Indra Dwi. 2015. Analisis Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emotional Response. Semarang. Universitas Diponegoro.

www.Matahari.com




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i3.5927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com