Reward dan iklim organisasi serta kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan

Noventri Nusandira, Ariesta Heksarini, Muhammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah reward, iklim organisasi dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja karyawan Bankaltimtara Syariah cabang Samarinda. Variabel bebas dalam peneltian ini adalah Reward, Iklim Organisasi dan kecerdasan emosional sementara variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada Bankaltimtara Syariah Cabang Samarinda yang terdiri dari 52 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian in menunjukkan reward, iklim organisasi dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan


Keywords


Reward, Iklim Organisasil, Kecerdasan Emosional, dan kinerja karyawan

References


Alimul, Hidayat. 2010. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif. Heat Books. Jakarta. Chaplin, J.P. 2004. Kamus Lengkap Psikolog. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Armstrong, Michael. 2007. Employee Reward Management and Practice (2nd edition). London: Kogan Page.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga, Bandung.

Bryars, Llyod L. Dan Leslie W. Rue. 2008. Human Resources Management (th edition.New York: McGrawHill.

Christine Chely Karundeng.2013.Perngaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Taspen (Persero) Cabang Manado. Jurnal Manajemen Vol.2.No.3.Ejournal Universitas Sam ratulangi.

Data Analysis, 7th ed. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Dessler, Garry.2000, Human Resources Management, Eight Edition, Prentice-Hall, Inc.

Dharma, Agus.2003. Manajemen Supervisi (Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitianuntuk penulisan skripsi tesis dan disertasi ilmu manajemen, Edisi 5 Seri Pustaka Kunci 12/2014, Badan Penerbitan Universitas Dipenogoro. Semarang.

Fonna Mahdani, Hafasnuddin, Muhammad Adam.2017. Pengaruh Motivasi, Kecerdasan Emosional dan keadilan organisasi terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya Pada Kinerja Karyawan. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2005. Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. 2005. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hair, J. F., Black. W. C., Babin. B. J.; and Anderson. R. E. 2010, Multivariate

Handoko, Hani T. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, jilid II. Jogjakarta: BPFE, 2003.

Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hoy, Wayne. K. & Miskel, Cecil G. (2001). Educational Administration, Theory, Research and practice. North America: Mcgraw-hill.

Irwan Zakhulu.2013.Pengaruh Kecerdasan Emosional, Iklim Organisasi Stres Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Kantor Pusat Badan SAR Nasional Jakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Jones, P. 2002. Buku Pintar Manajemen Kinerja. Terjemahan: Anthony R. Indra. Jakarta: Metalexia Publishing & PT Qreator Tata Qarakter.

Kevin Tangkuman, Bernhard Tewal, Irvan Trang.2015.Penilaian Kinerja, Reward, dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan. PT.Pertamina (Persero) Cabang Pemasaran Sulutenggo.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kiki Cahaya Sertiawan.2015.Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Level Pelaksana Di Divisi Operasi Pada PT Pusri Palembang. Jurnal Program studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Kriyanto, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Pren Media Group. Jakarta.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMPYKPN.

Mangkunegara A.A. Anwar Prabu.2000.Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara A.A. Anwar Prabu.2005.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Mansyur, Rois. 2013.Pengaruh Kepemimpinan,Motivasi,Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Micro Business Unit Juwana. Fakultas Ekonomi Universitas,Semarang.

Priyanto, Duwi.2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS.Gava Media. Yogyakarta.

Rani Setyaningrum, Hamidah Nayati, dan Ika Ruhana.2016.Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan.PT. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur. Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Rendra Maulana Suryadilaga, Mochammad Al Musadieq dan Gunawan Eko Nurtjahjono 2016.Pengaruh Reward dan Punishment terhadap kinerja karyawan.PT Telkom Indonesia Witel Jatim Setlatan Malang. Jurnal Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Rivai, Veitzha. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. PT. Remaja Rosda Karya ; Bandung

Robbins, Stephen, 2006, “Perilaku Organisasiâ€, Prentice Hall, edisi kesepuluh.

Setiaji, Bambang 2008. Cara Mudah Analisis Kuantitatif Dilengkapi Dengan Tutorial SPSS. Surakarta: Al-Es’af University Press.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. CV. Albeta: Bandung.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wibowo.2015. Manajemen Kinerja Edisi Lima. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wong, Chi-Sum., Wong, Ping-Man., dan Law, K.S. 2007. Evidence of The Practical Utility of Wong’s Emotional Intelligence Scale in Hongkong and Mainland China. Asia Pasific Journal. Pp. 43-60.

Wirawan, 2007. Budaya dan iklim organisasi, Salemba Empat. Jakarta.

Shields, John. 2016. Managing Employee Performance and Reward, Second Edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Meisler, Galit. 2013. Exploring Emotional Intelligence, Political Skill, And Job Satisfaction. Journal of Employee Relations. Vol. 36, No. 3. Pp. 280-293.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i1.5922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com