Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Variery Seeking, Daya Tarik Produk Pesaing, Pengalaman tentang Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Perdana Seluler IM3
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen kartu perdana seluler IM3 yang telah berpindah ke kartu perdana seluler merek lain dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Data yang telah memenuhi uji validitas,uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik produk pesaing dan variety seeking berpengaruh negatif signifikan dan positif tidak signifikan terhadap keputusan perpindahan merek, sedangkan pengalaman tentang produk dan ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek.
Keywords
References
Abikusno, Pradiptya. 2013. Pengaruh Pengalaman Menggunakan Produk dan Persepsi Konsumen Berdasarkan Kelompok Referensi terhadap Ketersediaan Konsumen untuk Melakukan Word Of Mouth. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.1, No.1, hal 29 – 30.
Arianto, Anandhitya B. 2011. Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan
Mencari Variasi, dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Keputusan
Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang. Jurnal
Aplikasi Manajemen. 11(2):294-305.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Brakus, J.J., B.H. Schmitt, dan Zarantonello, L. (2009). Brand Experience: What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty? Journal of Marketing, 73: 52–68.
Debora Ratna Nilasari, Yoestini. 2012. Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen,
Harga, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Sabun
Lifebouy di Semarang. Universitas Diponegoro. Diponegoro Journal Of
Management, vol 1, No. 2 :23-33.
Dharmmesta, Basu Swastha dan Shellyana Junaidi. 2002. “Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Produk, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol 17, No. 1, 91-104.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, Erlangga Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2007. Dasar-dasar Pemasaran jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks
Kotler, P dan Gary Amstrong.2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen, Pemasaran. Edisi ke-13. Terjemahan oleh Benyamin Molan. PT Indeks.
Manuaba, Ida Ayu K. A. 2014. Pengaruh Prior Experience, Product Knowledge
dan Satisfaction Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Brand
Switching Dalam Pembelian Handphone (Studi Kasus Pada 80 Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha). 4 (1)
Mowen, Jhon C dan Michael Minor. 2002. Prilaku Konsumen edisi 5 jilid 1. Alih Bahasa Lina Salim. Jakarta: Erlangga.
Nilasari, Debora Ratna dan Yoestini. 2012. “Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Harga Ddan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek Sabun Lifebouy di Semarang.” Diponegoro Journal of Management, Vol. 1, No. 2 h.23-33.
Peter, J. Paul & Jerry C. Olson. (1999). Consumer Behavior, Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran.Jilid kedua, Edisi Keempat. Terjemahan Damos Sihombing dan Peter Remy Yossi Pasla. Jakarta: Erlangga.
Peter, J Paul dan Olson, J.C. (2002). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Rangkuti, 2004. The Power of Brands. Jakarta : Pt Gramedia Pustaka Utama
Sekaran, Uma dan Roger Bougie, 2013, Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi
Empat, Buku satu. Jakarta :Salemba Empat.
Setiyaningrum, Ari. 2005. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Variety Seeking Terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Jakarta Universitas Katolik Atmajaya
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
http://www.topbrand-award.com
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i1.5918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com