Analisis kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi di bursa efek indonesia

Luluk Saputri Saputri, Ardi Paminto, Musdalifah Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2011-2017. Populasi penelitian meliputi seluruh perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan aktivitas merger dan akuisisi periode 2013-2015. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 14 perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif komparatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, paired sample t-test, dan wilcoxon’s signed ranks test. Uji normalitas dilakukan untuk melihat apakah databerdistribusi normal atau tidak. Apabila data berdistribusi normal, digunakan paired sample t-test namun jika data tidak berdistribusi normal, digunakan wilcoxon's signed ranks test. Hasil pengujian paired sample t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada Return on Asset (ROA), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER)  perusahaan sebelum dan sesudah melakukan merger dan akusisi. Sedangkan untuk Total Asset Turnover (TATO) perusahaan menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah melakukan merger dan akusisi. Hasil uji wilcoxon's signed ranks test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada Net Profit Margin (NPM) sebelum dan sesudah melakukan merger dan akusisi, namun pada Price Earning Ratio (PER) sebelum dan sesudah melakukan merger dan akusisi tidak terdapat perbedaan yang signifikan.


Keywords


Kinerja keuanga; merger; akusisi; rasio keuangan

References


Agustin, Dewi & Triyonowati. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger Pada PT Bentoel International Investama Tbk. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No.7.

Amalia, Firda & Ika, SR. 2014. Kinerja Bank di Indonesia Setelah Melakukan Merger dan Akuisisi dengan Kepemilikan Asing : Apakah Lebih Baik ?. Efektif : Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 5 No. 1 Juni : 73 – 84.

Aprilia, Sylvia N & Oetomo, H W. 2015. Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 4 No.12.

Brigham, Eugene F & Houston, Joel F. 2012. Essential of Financial Management. Yulianto, Ali Akbar (Penerjemah). Dasar- dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesebelas-Buku 1, Jakarta: Salemba Empat

Caves, R, 1989, “Mergers, Take Overs and Economical Efficiencyâ€. International Journal of Industrial Organization, 7: 151-174.

Dewi, Putu Yulia Kumalasari & Suryantini, Ni Putu Santi. 2018. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi. E-Jurnal Manajemen Unud Vol. 7 No. 5

Estanol, B., Albert and Seldeslachts Jo, 2004, Merger Failures, University Autonoma de Barcelona, Barcelona, Spanyol.

Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Pasar Modal. Catakan Pertama. Bandung : Alvabeta.

Foster, G, 1986,†Financial Statement Analysisâ€, Englewood cliffs, NJ; Practice Hall, Second Edition

Funashor, Hanif M & Yuniati, Tri. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dengan Metode CAMEL. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No.4

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Universitas Dipenogoro. Semarang

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Edisi Ketujuh. Semarang: Universitas Diponegoro.

Go, Marcel.1992. Akuisisi Bisnis Analisis dan Pengelolaan. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Gunawan, KH & Sukharta, I M. 2013. Kinerja Pasar dan Kinerja Keuangan Sesudah Merger dan Akuisisi di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.2 : 271-290.

Gustina, Ira. 2017. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 6 No. 2 Juli.

Hamidah & Noviani, Manasye. 2013. Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi (Pada Perusahaan Pengakuisisi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2004-2006). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 4 No.1

Hitt, A. Michael, dkk. 2002. Merger dan Akuisisi, Panduan Meraih Laba Bagi Para Pemegang Saham. Diterjemahkan Oleh: Sugeng Haryanto, dkk. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hitt, Michael A. Ireland, Duane, Hoskinson, Robert E. 2001. Manajemen Strategi : Daya Saing Dan Globalisasi (Konsep). Buku I. Salemba Empat. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 1999. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 22 Tahun 1999. Jakarta : Salemba Empat.

Irawanto, D B & Yuniati, Tri. 2016. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 5 No.1

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kurniawati, Novani & Wahyuati, Aniek. 2014. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi Bank Agroniaga oleh BRI. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No.5

Moin, Abdul, 2003. Merger, Akuisisi dan Divestasi. Jilid 1. Yogyakarta: Ekonisia

Moin, Abdul. 2003. Merger dan Akuisisi, Latar Belakang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kajian Bisnis. No.13. Januari-April: 71-82.

Mudrajad, Kuncoro. 2001. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga

Novaliza, Putri & Djajanti, Atik. 2013. Analisis Pengaruh Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Perusahaan Publik di Indonesia (Periode 2004-2011). Jurnal Akuntansi & Bisnis, Vol. 1 No. 1 September

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 27 Tahun 1998 Tentang Penggabungan, Peleburan, dan Pengambilalihan Perseroan Terbatas.

Rambat, Lupiyoadi & Ridho, Ikhsan Bratamulya. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan : Teori Konsep & Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta : Ekonisia

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi : Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. Yogyakarta : Interpena.

Yudhanti, CBH. 2005. Analisis Kinerja Operasi Perusahaan yang Melakukan Merger atau Akuisisi. Jurnal Widya Manajemen & Akuntansi Vol. 5 No. 1 ; 63-77.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i3.5908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com