Pengaruh relationship commitment and brand satisfaction terhadap brand loyalty pada produk wardah di samarinda

Lusiana Emiliani Weti, Syarifah Hudayah, Herning Indriastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hubungan Komitmen dan Kepuasan merek Terhadap loyalitas merek pada Produk Wardah di Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau pengunjung Toko Apollo Samarinda yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali produk jenis Wardah di Toko Apollo Samarinda dengan menggunakan sampel 120 konsumen Wardah. Teknik analisis data yang digunakan regresi liniear berganda. Dalam penelitian ini jenis dan sumber data yang digunakan dalam variabel penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung dan secara online kepada konsumen Produk Wardah di Kota Samarinda. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan perhitungan menggunakan alat bantu program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hubungan Komitmen berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas merek(2) Kepuasan merek berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas merek


Keywords


Hubungan Komitmen, Kepuasan merek, Loyalitas merek

References


Arker, D.A, 1991. Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. The Free Press, New York

Arker, D.A, 1991. Managing Brand Equity. Free Prees, New York, NY.

Engel, J.F., Blackwell, R.D., 1982. Consumer Behavior. Holt, Rinehart, and Winston, New York, NY.

Fullerton, G. (2003). When does commitment leadto loyalty?Journal of Service Research,5(4), 333-334

Farell, D., & Rusbult, C. E. (1981) Exchange Variables as Predictors of job satisfaction, job commitment, and turn over the impact of reward, cost, alternatives, and investment. Organizational behavior and Human Performance, 28 (1), 78-95

Han, H., Nguyen, H. N., Song, H., Chua, B., Lee, S., & Kim, W.(2018). International Journal of Hospitality Management Drivers of Brand Loyalty in The Chain Coffee Shop Industry. International Journal of Hospitality Management, 72(January 2017), 86–97.

Homburg, C., Klarmann, M., Schmitt, J., 2010. Brand awareness in business markets: when is it related to firm performance? Int. J. Res. Pasar. 27 (3), 201– 212

Jiang, Y., Wang, C. Lu, 2006. The impact of affect on service quality and satisfaction: the moderation of service contexts. J. Serv. Market. 20 (4), 211-218

Low, G., Lamb, C., 2000. The measurement and dimensionality of brand associations. J. Prod. Brand Manage. 9 (6), 350-370.

Morgan, R.M and Hunt, S.D (1994) ‘’The Commitment-trust theory of relationship Marketing’, journal of marketing, Vol 58 No. 3,pp. 20-38.

Mathieu, J., Zajac, D., 1990. A review & meta-analysis of the antecedents, correlates, and consequences of organizational commitment. Psikol. Banteng. 108 (2), 171–194 .

Monroe, K., 2002. Pricing, 3rd ed. McGraw-Hill, New York, NY .

Nam, J., Ekinci, Y., Whyatt, G., 2011. Brand equity, brand loyalty & consumer sa- tisfaction. Ann. Wisata. Res. 38 (3), 1009–1030 .

Oliver, RL, 1997. Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. Practice. Applied Marketing Science. Vol 2, No 1, p:55-66 MCB.University Press. Petamis,




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i3.5888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com