Pengaruh kebijakan hutang, kepemilikan institusional dan kebijakan manajerial terhadap nilai perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bei

Arimansyah Arimansyah, Yonathan Pongtuluran, Irsan Tri Cahyadinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kebijakan hutang, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEi Tahun 2012-2016. Sampel penelitian dari 16 Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel menggunakan dengan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Hasi analisis uji F menunjukkan bahwa variable kebijakan hutang, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Adapun uji t menunjukkan bahwa secara parsial variable kebijakan hutang, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh negative dan signifikan terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Kebijakan Hutang, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajeial dan Nilai Perusahaan

References


Agus, Sartono. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Anom, Putu Mahadwartha. (2003). Predictability Power of Dividend Policy and Leverage Policy to Managerial Ownership in Indonesia: an Agency Theory Perspective. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 18(3), hlm. 1-20.

Bambang, Riyanto. (1995).Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Dewi, Sisca Christianty. (2008). Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Bisnis & Akuntansi, Vol.10, No.1.

Fahmi, Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fitriasari, Dewi dan Deny Arnos Kwary. (2009). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mahmud M. (2010). Manajemen Keuangan. Cetakan Ke-lima.Yogyakarta: BPFE.

.(2004). Manajemen Keuangan.Yogyakarta: BPFE.

Husnan, Suad. (2002). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Indriantoro, N. Dan Supomo, B. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kusumajaya, D. K. (2011). Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada perusahaan manufatur di Bursa Efek Indonesia.Tesis. Denpasar : Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Kusumawati, Vera. (2011). Pengaruh Kepemilikan Manajerial,Kepemilikan Institusional, Komite Audit, dan Kualitas Audit terhadap Created Share Holder Value pada Perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Luciana, Spica Almilia, dkk. (2006). Analisis Kebijakan Dividen dan Kebiakan Leverage terhadap Prediksi Kepemilikan Manajerial dengan Teknik Analisi Multinomial Logit. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 6(1).

Mayang,Patricia. (2014). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Set Kesempatan Investasi, dan Arus Kas Bebas terhadap Kebijakan Utang Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Nuringsih, Kartika. (2005). Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Utang, ROA, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen: Studi 1995-1996. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 2(2), hlm. 103-123.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i3.5882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com