Pengaruh konflik peran dan wewenang pekerjaan terhadap kepuasan kerja perawat

Intan Nova Pramaisela, Zainal Ilmi, Purwadi Purwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konflik Peran dan Wewenang Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah seluruh perawat bagian Paviliun Santo Gabriel di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda yang berjumlah 42 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Konflik Peran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja serta Wewenang Pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja.


Keywords


Konflik peran; wewenang pekerjaan; kepuasan kerja

References


Afrizal, P. R. (2014). Pengaruh Konflik Peran dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 1–10.

Amrullah, F., Mintarti, S., & Robiansyah. (2013). Pengaruh Pembagian Kerja dan Wewenang Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Galangan Balikpapan Utama. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–16.

Churiyah, M. (2011). Pengaruh Konflik Peran (Role Conflict) Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Serta Komitmen Pada Organisasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 43–53.

Daft, R. L. (2006). Management. Jakarta: Salemba Empat.

Fanani, Z., Hanif, R. A., & Subroto, B. (2008). Pengaruh Struktur Audit, Konflik Peran, dan Ketidakjelasan Peran Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 5(2), 139–155.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.

Handoko, T. H. (2009). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Harnadi. (2015). Pengaruh Konflik Peran dan Wewenang Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pengrajin Batik Berkah Lestari di Desa Giriloyo Wukirsari Imogiri Bantul. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–15.

Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hermawan, T. (2013). Pengaruh Pembagian Kerja dan Wewenang Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Pada Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi, Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 155–160.

Indrawan, R. (2009). Pengaruh Konflik Peran Terhadap Stres Kerja Dengan Ketidakpastian dan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi pada PT. Air mancur Karanganyar). Jurnal Bisnis dan Akuntansi,8(2).

Kurniasih, R., Budi, L., & Gagah, E. (2017). Pengaruh Alokasi Kerja, Pendelegasian dan Wewenang Kerja Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Sumber Bintang Rejeki Samban. Journal of Management, 3(3), 1–10.

Mangkunegara, A. P. (2013). Perilaku dan Budaya organisasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Manullang, M. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Poerwati, T. (2015). Pengaruh Konflik Peran dan Kepuasan Kerja terhadap Keinginan Berpindah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Kontemporer, 84–90.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: PT. Alfabeta.

Rinaldi, A., Heriyanto, & Mellita, D. (2014). Pengaruh Konflik Peran Terhadap Kepuasan Kerja Wanita Pekerja di Pusat Penjualan Kerajian Khas Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–10.

Rohmah, U. F., Purwaningsih, D., Puspita, R. D., Farahadiba, L. A., Ardiyanti, A. E., Setyaningrum, D. (2015). Analisis Hubungan Konflik Peran Terhadap Konflik Pekerjaan-Keluarga Melalui Pemediasi Kepuasaan Kerja. Management Dynamics Conference, 1–21.

Simamora, D. H. (2018). Analisis Pembagian Kerja dan Wewenang Karyawan Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pada PT. Nusantara Sakti, Universitas Sumatera Utara.Jurnal Administrasi Bisnis.

Soeharto, T. (2010). Konflik Pekerjaan-Keluarga dengan Kepuasan Kerja: Metaanalisis. Jurnal Psikologi, 37(1) 189–194.

Sugiyono. (2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT.Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

Sutrisno, E. (2015).Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Walujan, B. C., Mandey, S. L., & Tumbuan, W. J. (2016). Gaya Kepemimpinan, Delegasi Wewenang dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Karyawan (Pada PT. Air Manado). Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Akuntansi, 4(5), 489–500.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan Lembaran Negara Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i2.5620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com