Pengaruh experiential marketing dan word of mouth (wom) terhadap minat beli ulang produk

Retno Dewi Perwita, Gusti Noorlitaria A, Herning Indriastuti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau pengunjung J.co yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali produk J.CO DONUTS & COFFEE di Plaza Mulia Mall Samarinda dengan menggunakan sampel 120 konsumen J.CO. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Metode pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada pelanggan J.CO DONUTS & COFFEE di Kota Samarinda. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan perhitungan menggunakan alat bantu program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Experiential marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli Ulang, (2) Word Of Mouth (WOM) berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli Ulang.


Keywords


Experiential marketing; word of mouth; minat beli ulang

References


Allsop, D. T., Bassett, B. R., dan Hoskins, J. A. 2007. Word-of-mouth research: Principles and applications. Journal of Advertising Research, 47(4), 398–411. https://doi.org/10.2501/S0021849907070419

Andreani, F. 2007. Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/pemasaran.2.1.

Anggie, C., dan Haryanto, J. O. 2011. Analysis of the effect of olfactory, approach behavior, and experiential marketing toward purchase intention. Gadjah Mada International Journal of Business, 13(1), 85–101.

Babin, J. Barry., Lee. Young-Ki., Kim. Eun-ju, dan Griffin, Mitch. 2005. Modeling consumer satisfaction and word-of-mouth: restaurant patronage in Korea. Journal of Services Marketing, 19(3), 133–139.

Davidow, Mosche. 2003. Have You Heard The Word? The Effect Of Word of Mouth On Perceived Justice, Satisfaction And Repurchase Intentions Following Complaint Handling. Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behaviour, 16; ABI/INFORM Global, 67.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghassani, Mahyarani Tiara. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Bandeng Juwana Vaccum Melalui Kepuasaan Konsumen Sebagai variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Social and Political Science. Hal 1 -8

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grundey, D. 2008. Experiential Marketing vs. Traditional Marketing: creating rational and emosional liaisons with customers. The Romanian Economic Jurnal Year XI, no. 29.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS

Hendarsono, G., dan Sugiharto, S. 2013. Analisa Pengaruh Experiental Marketing terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–8.

Kasali, Rhenald. 2008. Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kertajaya, Hermawan. 2010. CONNECT – Surfing New Wave Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Tiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kurnia, M., dan Prasetyo, A. D. 2007. Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Konsumen Umkm Di Area Wisata Kuliner Badaan Kota Magelang. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nova, F., Suharno, S., dan Noorlitaria, G. 2019. Pengaruh Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Jank-Jank Wings Lovers Check Point Cafe di Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 3(4).

Pamenang, W., dan Soesanto, H. 2016. Analisis pengaruh kualitas produk, kepuasan pelanggan dan words of mouth terhadap minat beli ulang konsumen. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XV(3), 206–211.

Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies get People Talking. New York: Kaplan Inc.

Smilansky, Shaz. 2009. Experiential Marketing: A Practical Guide to Interactive Brand Experiences. London, UK: Kogan Page

Sugiyono. 2012. Matode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Edisi Keenam belas. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmana, L. N., Achmad, G. N., dan ZA, S. Z. 2018. Pengaruh efektifitas iklan televisi. JURNAL MANAJEMEN, 9(2), 76-84.

Suroso, Bayu Hendrawan dan Iriani, Sri Setyo. 2014. Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Mie Sedaap Cup. Jurnal Ilmu Manajemen FE UNESA. Vol 2

Tetanoe, Visensius Ronald dan Dhamayanti, Diah. 2014. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–12.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi: Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20. Interpena : Yogyakarta.

https:??free.facebook.com/iamjcolovers/?locale2=id_ID&_rdc=1&rdr

(Official Facebook J.CO Indonesia). Diakses tanggal 14 April 2018.

www.topbrand-award.com. Diakses tanggal 1 Mei 2018.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i1.5611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com