Pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement, dan hedonic shopping value terhadap impulse buying behaviour (studi kasus pada pelanggan matahari department store di samarinda)

Aditya Rifqi Al Arif, Yohanes Kuleh, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour (Studi Kasus Pada Pelanggan Matahari Department Store Di Samarinda). Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 data, yaitu berasal dari kuisioner yang dibagikan kepada pelanggan Matahari Department Store. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Shopping Lifestyle (X1), Fashion Involvement (X2) dan Hedonic Shopping Value (X3)  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying Behaviour (Y) .


Keywords


Shopping Lifestyle; Fashion Involvement; Hedonic Shopping Value; Impulse Buying Behaviour

References


Akdon, dan Riduwan,2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta

Andriyanto dkk. 2016. Pengaruh Fashion involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse buying (Survey Pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 31 No. 1 Februari 2016

Beatty, S. E., & Ferrell, M. E. (1998). Impulse buying: Modeling Its Precursors. Journal of Retailing, 74(2), 169-191.

Chang, et.all. 2011. Impulse buying Behavior of Apparel: Application of the S-O-R Model and the Moderating Effect of Hedonic Motivation. ITAA Proceedings. 306-320

Japarianto, E dan S. Sugiharto. 2011. Pengaruh Shopping Life Style dan Fashion involvement terhadap Impulse buying Behavior masyarakat High Income Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No.1, April:pp 32-40

Kacen, J. J., And Lee, J. A. 2002. The Influence Of Culture On Consumer Impulse buying Behavior, Journal Of Consumer Psychology, Vol. 12, No. 2, Pp. 163-176.

Kasali, R. 2008. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targetting, Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT Prehallindo. Jakarta.

Mowen, J. C. 2008. Consumer Behavior. Mc Graw Hill. USA. Alih Bahasa Yahya, D. K. 2009. Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Mowen, John C., dan Minor, Michael. 2002. Consumer Behavior, Perilaku Konsumen Jilid Dua Edisi Kelima.Diterjemahkan oleh; Dwi Kartini Yahya. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

Prastia, Fita Eka. 2013. Pengaruh Shopping lifestyle, Fashion involvement, dan Hedonic shopping value Terhadap Impulse buying Behavior Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, pp. 1-6

Salam, B. 2002. Etika Sosial : Asas Moral dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Strack, G. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Utami, Chirstina Whidya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Weinberg, Peter and Wolfgang Gottwald. 1982, “Impulsive Consumer Buying as a Result of Emotions,” Journal of Bussiness Research, 10 March, 43-57

Yistiana, Ni Nyoman Manik, Ni Nyoman Kert Yasa dan I. G. A. Ketut Gede Suasana. (2012). Pengaruh Atmosfer Gerai dan Pelayanan Retail Terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i3.5608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com