Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Warunk Upnormal Samarinda)

Naomi Cindy Octaviani, Yohanes Kuleh, Sri Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

 

Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Warunk Upnormal Samarinda). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Store Atmosphere (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil menyatakan bahwa store atmosphere dapat menimbulkan keputusan pembelian pada konsumen, (2) Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil menyatakan bahwa harga dapat menimbulkan keputusan pembelian pada konsumen.


Keywords


Store Atmosphere; Harga; Keputusan Pembelian

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfred, Owusu. 2013. Influences of Price and Quality on Consumer Purchase of Mobile Phone in The Kumasi Metropolis in Ghana A Comparative Study. European Journal of Business and Management, Vol. 5, No. 1.

Ali, M. S. Ishar dan K. M. Mubarak. 2016. Impact of Atmospheric Design on Consumer Purchasing Behavior At Self- Serving Convenince Store. Journal of Marketing, Vol.1, No. 1.

Al-Salamin, Hussain dan Eman Al-Hassan. 2016. The Impact of Pricing on Consumer Buying Behavior in Saudi Arabia: Al-Hassa Case Study. Journal of Business and Management, Vol. 8, No. 12.

Amir, Faishol. 2015. Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cosmic Clothing Store. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen4.STIESIA. Surabaya.

Anwar, Iful. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen4. STIESIA. Surabaya.

Arifin, Hashim Fadzil, Mohammad Fahmi Bibon, dan Raja Puteri Saadiah Raja Abdulah. 2010. Restaurant’s Atmospheric Elements: What the Customer Wants. Journal Faculty of Architecture, Planning, Surveying. Universiti Teknologi MARA. Malaysia.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2016. Posisi Kredit UMKM Pada Bank Umum.

https://www.bps.go.id/statictable/2015/09/30/1876/posisi-kredit-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm-1-pada-bank-umum-miliar-rupiah-2012-2016.html (diakses tanggal 05 April 2018).

Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur. 2016. Hasil Pendaftaran (Listing) Usaha/Perusahaan Sensus Ekonomi. No. Katalog: 9102053.64.

Berman, Barry dan Evans, Joel R. 2010. Retail Management: A Strategic Aprrroach. Edisi ke sebelas. Prentice Hall. New Jersey.

Bitner, M. J. 1992. Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employees. Journal of Marketing, 56(2), 57-71.

Boyd, Walker dan Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran “Suatu Pendekatan Strategi Oriental”. Edisi ke dua. Erlangga. Jakarta.

Cannon, Joseph P, William D. Perreault, dan Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran Dasar “Pedekatan Manajerial Global” Buku I. Edisi ke enam belas. Salemba Empat. Jakarta.

Dessyana, Cindy Juwita. 2013. Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Texas Chicken Multimart II Manado. Jurnal EMBA1:844-852. Universitas Sam Ratulangi.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan. Penerbit Universitas Diponegoro

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA 1:273-283. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS3.0. Edisi dua. Badan Penerbit Undip. Semarang.

Hosseini, Zohre dan Sreeenivasan Jayashree. 2014. Influence of the Store Ambiance on Customers’ Behavior-Apparel Stores in Malaysia. International Journal of Business and Management. Vol. 9, No. 10.

Hussain, Riaz dan Mazhar Ali. 2015. Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, Vol. 7, No. 2.

Kaltim.tribunnews. 2017. ‘Warunk Upnormal’ Tempat Kuliner Nyaman dengan Harga Terjangkau. http://kaltim.tribunnews.com/2017/08/19/warunk-upnormal-tempat-kuliner-nyaman-dengan-harga-terjangkau/. Diakses pada tanggal 04 April 2018.

Kotler, Philp dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke tiga belas. Erlangga. Jakarta.

. dan G. Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid satu. Erlangga. Jakarta

. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi ke enam. Terjemahan Wilhemnus W. Bokowatum. Intermedia. Jakarta.

Levy, Michael dan Barton Weitz. 2001. Retailing Management. International Edition. McGraw-Hill. New York.

Lupiyoadi, R. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Salemba Empat. Jakarta.

Peter, J. P dan Jerry Corrie Olson. 1999. Consumer Behaviour: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi ke empat (terjemahan). Erlangga.

Putri, Lily Harlina, Srikandi Kumadji, dan Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang. Jurnal Administrasi Bisnis15. Universitas Brawijaya. Malang.

Roscoe. (1982). Research Methods For Business. Dalam: Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Edisi ke tiga. Alfabeta. Bandung.

Sagala, Christina, Mila Destriani, Ulffa Karina Putri, dan Suresh Kumar. 2014. Influence of Promotional Mix and Price on Customer Buying Decision toward Fast Food sector: A survey on University Students in Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) Indonesia. International Journal of Scientific and Research Publications, Vol. 4.

Setiadi, Nugroho J. 2015. Perilaku Konsumen. Cetakan ke enam. Prenamedia Group. Jakarta.

Schiffman, L. dan L. L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi ke tujuh. Indeks. Jakarta .

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Edisi ke tiga. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke tiga. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi ke dua. Andi Offset. Yogyakarta.

Widyanto, Achmad Indra, Edy Yulianto, dan Sunarti. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Distro Planet Surf Mall Olympic Garden kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis14.Universitas Brawijaya. Malang

Yudaruddin, Rizky.2014. Statistik Ekonomi: Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20. Cetakan pertama. Interpena. Yogyakarta.

Warunkupnormal. 2018. Warunk Upnormal, Pelopor Indomie Kekinian!. https://www.warunkupnormal.com/. Diakses pada tanggal 04 April 2018.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i2.5509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com