Pengaruh price discount, positive emotion, dan in-store stimuli terhadap impulse buying pada giant ekstra alaya samarinda
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh price discount, positive emotion dan in-store stimuli terhadap impulse buying pada Giant Ekstra Alaya Samarinda. Responden dari penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada Giant Ekstra Alaya Samarinda. Dipilih sebanyak 85 responden untuk melengkapi sumber data primer berdasarkan teori Hair yang menggunakan pengambilan sample probabilitas. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menggunakan 5 poin skala likert untuk menguji 17 indikator. Partial Least Square merupakan analisa yang dipakai untuk menganalisa data. Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa price discount tidak berpengaruh terhadap impulse buying pada Giant Ekstra Alaya Samarinda, begitupula dengan positive emotion juga tidak berpengaruh terhadap impulse buying pada Giant Ekstra Alaya Samarinda, sedangkan in-store stimuli berpengaruh terhadap impulse buying pada Giant Ekstra Alaya Samarinda.
Keywords
References
Arifianti, R. 2011. Pengaruh promosi penjualan terhadap impulse buying pada Hypermarket di kota Bandung. Jurnal Ekonomi Indonesia:12
Apriliani, Rina. 2017. Pengaruh price discount, positive emotion dan in-store stimuli terhadap impulse buying. Jurnal ilmu dan riset manajemen 6 (6)
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Basith, Abdul. 2015. “The Influence of in-store stimuli on impulsive buying in Mor Store Sunda street Bandung. e-Proceeding of Management 2 (2) Agustus: 2355-9357
Dalihade, Meigie Putri., Massie James dan D.D. Tielung Maria V. J. 2017. Pengaruh potongan harga dan store atmosphere terhadap impulse buying pada matahari departement store mega mall manado. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. 2303-1174
Hair, Joseph F et al. 2006. MultiVariate Data Analysis. Fifth Edition. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Kusumandaru, Anandya Virani. 2017. Pengaruh price discount, bonus pack, dan instore display terhadap impulse buying matahari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 6 (9) September: 2461-0593
Lisda, 2010. Menciptakan Impulse Buying. Majalah Ilmiah Informatika. Jakarta: Erlangga
Putra, B. P. 2014. Analisis Pengaruh Promosi, Emosi Positif Dan Store Environment Terhadap Perilaku Impulse Buying. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Diponegoro.
Nugrahaeni, C. D. 2012. Pengaruh stimulus lingkungan toko dan faktor lingkungan sosial terhadap perilaku pembelian impulsif pada Carrefour Sunset Road Di Denpasar. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2015. PARTIAL LEAST SQUARES Knsep, Tehnik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 Edisi 2. Penerbit: Undip
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i2.5419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com