Pengaruh kepercayaan merek, citra merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek

Ina Faridana, Jusuf Kuleh, Alexander Sampeliling

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan merek, citra merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang pengguna sepeda motor Honda di Samarinda.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan merek mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, citra merek mempunyai pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas merek dan kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.


Keywords


Kepercayaan merek; citra merek; kepuasan konsumen; loyalitas merek

References


Aaker, A, D. dan A, L, Beil. 2009. Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand, Lawrence Erlbaum Associates Inc. Hillsdale.

Abdillah, Willy dan Jogiyanto Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Bastian, Danny Alexander. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No. 1, (2014) 1-9.

Chaudhuri, Arjun and Morris B. Holbrook. 2001. The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. The Journal of Marketing, 65 (2),81-93.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta:PT.Graha Ilmu.

Gozali, Imam dan Hengky Latan. 2015. Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program smartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponeogoro.

Hair, Joseph F. 1998. Multivariate Data Analysis Seventh Edition. Pearson Prentice Hall.

Hussein, Ananda Sabil. 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0. UB Press. Malang.

Jaya, I Gede Nyoman Mindra dan I Made Sumertajaya. 2008. Pemodalan Persamaan Struktural Dengan Partial Least Square, Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika: 118-132.

Jing, Zhang, Chatchai Pitsaphol dan Rizwan Shabbir. 2014. The Influence of Brand Awareness, Brand Image and Perceived Qualityon Brand Loyalty: A Case Study of Oppo Brand in Thailand. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research In Business. Vol. 5, No 12.

Kotler, Philip dan Keller K. Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas, Jilid Satu. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Keller K. Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas, Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lau, Geok Theng dan Sook Han Lee. 1999. Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, Vol.4, pp.341-370.

Morgan dan Hunt. 1994. The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing. Journa of Marketing. Vol. 58.

Rizan, Mohammad, Basrah Saidani dan Yusiyana Sari. 2012. Pengaruh Brand Image dan Brand trust Terhadap Brand loyalty Teh Botol Sosro Survei Konsumen Teh Botol Sosro Di Food Court Itc Cempaka Mas, Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (Jrmsi). Vol. 3, No. 1, 2012.

Samuel, Hatane dan Foedjiawati. 2005. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek (Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 7, No.1. Maret 2005: 74-82.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner dan Analisi Data untuk Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tribunnews.com. 2018. Penjualan Motor Honda di Samarinda Naik 35 Persen, Menjelang Lebaran. http://kaltim.tribunnews.com/2018/06/29/penjualan-motor-honda-di-samarinda-naik-35-persen-meningkat-jelang-lebaran. Diakses tanggal 22 Agustus 2018.

Upamannyu, Nischay Kumar, Garima Mathur dan Chanda Gulati. 2014. Effect of Brand Trust, Brand Image on Customer Brand Loyalty in FMCG Sector at Gwalior Region. Vol. II.

Variano, Vito. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Merek Konsumen Kereta Api. AGORA. Vol.5, No.3.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i2.5401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com