Pengaruh penggunaan celebrity endorsement, iklan dan potongan harga terhadap minat beli konsumen di tokopedia.com

Nonnita Listyoputeri, Jusuf Kuleh, Alexander Sampeliling

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan celebrity endoresement, iklan dan potongan harga terhadap minat beli. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Celebrity Endorsement(X1) berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Minat Beli. Hasil menyatakan bahwa pengunaan celebrity endorsement dapat menimbulkan minat beli konsumen, (2) Iklan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Hasil menyatakan bahwa iklan dapat menimbulkan minat beli konsumen, (3) Potongan Harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Hasil menyatakan bahwa potongan harga dapat menimbulkan minat beli konsumen.


Keywords


Celebrity endorsemen; iklan; potongan harga; minat beli

References


Abdillah, Willy, dan Jogiyanto Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Penerbit ANDI. Yogyakarta

Furaji, Fatimah., ÅatuszyÅ„ska, MaÅ‚gorzata., Wawrzyniak, Agata., & WÄ…sikowska, Barbara (2013) Study On The Infl Uence Of Advertising Attractiveness On The Purchase Decisions Of Women And Men. Journal Of International Studies. 6(2), 20-32

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.

Grewal, Dhruv., Krishnan, R., Baker, Julie., & Borin, Norm. The Effect of Store Name, Brand, Name and Price Discounts on Consumer’s Evaluationand Purchase Intention.

Gupta, Ruchi., Kishore, Nawal., Verma DPS (2015). Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention. A Study of Indian Consumer. Australian Journal of Business and Managemen research. 5(3), 1-15.

Hair, Joseph F. 1998, Multivariate Data Analyisis Seventh Edition. Pearson Prentice Hall

Hussein, Ananda Sabil. 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0. UB Press. Malang

Jaya, I Gede Nyoman Mindra dan I Made Sumetajaya. 2008. Permodelan, Persamaan Struktural Dengan Partial Least Square , Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika : 118-132

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid 2. Jakarta : PT Indeks.

Khan, Shaista kamar., Rukhsar, Aroobah., & Shoaib, Maria (2016). Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). 18(1), PP 06-09.

Mubarok, Dadan Abdul Aziz (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun. 3(1).

Sahputra, Registian Pratama Anggara & Budiarti, Anindhyta (2017). Pengaruh Celebrity Endorser dan promotion Yang Dimediasi Minat Beli Terhadap Keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 6(3).

Tanoni, Romy Victor. 2012. Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Citra Merek Dan Sikap Pada Minuman Isotonoic Mizone Di Surabaya. Jurnal manajemen. Vol.1 No.6

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Putra Algamar (2017). Pengaruh Iklan dan kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada texas Chicken Pekanbaru). JOM FISIP. 4(1)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i1.5400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com