PENGARUH BRAND IMAGE DESA BUDAYA PAMPANG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA UNGGULAN VISIT KALTIM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG

Erwin Erwin, Suharno Suharno, Saidah Zainurossalamia Z.A

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image yang berfokus pada variabel cognitive destination image dan variabel affective destination image terhadap minat kunjung ke objek wisata Desa Budaya Pampang. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Desa Budaya Pampang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Analisis Regresi Berganda, Uji Signifikansi (Uji t), dan Uji Ketepatan Model ( Uji F dan Koefisien Determinasi (R2) ) dengan menggunakan Program SPSS Versi 23.

Hasil penelitian menunjukan bahwa cognitive destination image berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang dan affective destination image berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang. Kedua variabel tersebut juga berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat bekunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang.


Keywords


Brand Image, Cognitive Destination Image, Affective Destination Image, Minat Berkunjung

References


Ahmad Ab. (2015). Persepsi Wisatawan Pada Citra Kota Makassar Sebagai

Destinasi Wisata, Politeknik Pariwisata Makassar, 2015.

Darmawan. Deni. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT.

Remaja Rosdakarya.

Destari, F. (2017). Meningkatkan Intention To Revisit Melalui Keunikan Jasa

Pariwisata & Brand image: Studi Kasus Pada Big Event JFC, Universitas

Jember, 2017.

Bella, Gheraldin. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung

Ulang Wisatawan Umbul Sewu Pengging, IAIN Surakarta, 2017

Ferdinan, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian Untuk

Menulis Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen). Semarang: Badan

Penerbit Universitas Semarang.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

Semarang: Universitas Diponegoro.

Hanif, A. Kusumawati, A. dan Mawardi. (2016). Pengaruh Citra Destinasi

Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap

Loyalitas Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Nusantara Yang

Berkunjung Ke Kota Batu). Jurnal administrasi bisnis (JAB) Vol. 38

No. 1.

Hendarto, K.A. (2010). Model Destination Image dan Tourist Satisfaction: Studi

Terhadap Wisatawan Asing Di Yogyakarta Pasca Gempa 27 Mei 2006,

Universistas Hasanudin, 2010.

Indrianto, Nur dan Supomo, Bambang. (2000). Metodologi Penelitan Bisnis Untuk

Akuntasi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Jørgensen, Louise Gylling. (2004)“An analysis of a destination‟s image and the

language of tourism”. Cand.Ling.Merc. (ii) Thesis Department of English.

Kotler, P. dan Keller, K.L(dkk.). (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Lopes, Sérgio Dominique Ferreira. (2011) “Destination image: origins,

developments and implications”.Polytechnic Institute of Cávado and Ave

Portugal.

Nuraeni, S.B. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung

Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang, 2013.

Pitana, G. dan Diarta K.S., (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta. Andi

Offset.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data dan

Penelitian Dengan Spss Dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Putra, S.B. Kumadji, S. dan Hidayat, K. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan

Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dan Keputusan Berkunjung (Survei

Pada Pengunjung Taman Rekreasi PT. Selecta, Kota Batu, Jawa Timur),

Universitas Brawijaya Malang, 2015.

Sekaran, U. (2006). Research Metods For Bussiness ( Metodologi Penelitian

Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif,

Kualitatif dan RND). Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Efektif, Kognitif Dan

Psikomotor Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

https://www.kaltim.bps.go.id/ (Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegera dan

Dosmestik Ke Kalimatan Timur Tahun 2007 – 2016)

https://dispar.samarindakota.go.id/ (Objek Destinasi dan Tujuan Wisata Kota

Samarinda Kalimantan Timur)




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com