PENGARUH BRAND IMAGE DESA BUDAYA PAMPANG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA UNGGULAN VISIT KALTIM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image yang berfokus pada variabel cognitive destination image dan variabel affective destination image terhadap minat kunjung ke objek wisata Desa Budaya Pampang. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Desa Budaya Pampang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda, Uji Signifikansi (Uji t), dan Uji Ketepatan Model ( Uji F dan Koefisien Determinasi (R2) ) dengan menggunakan Program SPSS Versi 23.
Hasil penelitian menunjukan bahwa cognitive destination image berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang dan affective destination image berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang. Kedua variabel tersebut juga berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat bekunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang.
Keywords
References
Ahmad Ab. (2015). Persepsi Wisatawan Pada Citra Kota Makassar Sebagai
Destinasi Wisata, Politeknik Pariwisata Makassar, 2015.
Darmawan. Deni. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT.
Remaja Rosdakarya.
Destari, F. (2017). Meningkatkan Intention To Revisit Melalui Keunikan Jasa
Pariwisata & Brand image: Studi Kasus Pada Big Event JFC, Universitas
Jember, 2017.
Bella, Gheraldin. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung
Ulang Wisatawan Umbul Sewu Pengging, IAIN Surakarta, 2017
Ferdinan, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian Untuk
Menulis Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen). Semarang: Badan
Penerbit Universitas Semarang.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS
Semarang: Universitas Diponegoro.
Hanif, A. Kusumawati, A. dan Mawardi. (2016). Pengaruh Citra Destinasi
Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap
Loyalitas Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Nusantara Yang
Berkunjung Ke Kota Batu). Jurnal administrasi bisnis (JAB) Vol. 38
No. 1.
Hendarto, K.A. (2010). Model Destination Image dan Tourist Satisfaction: Studi
Terhadap Wisatawan Asing Di Yogyakarta Pasca Gempa 27 Mei 2006,
Universistas Hasanudin, 2010.
Indrianto, Nur dan Supomo, Bambang. (2000). Metodologi Penelitan Bisnis Untuk
Akuntasi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Jørgensen, Louise Gylling. (2004)“An analysis of a destination‟s image and the
language of tourism”. Cand.Ling.Merc. (ii) Thesis Department of English.
Kotler, P. dan Keller, K.L(dkk.). (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Lopes, Sérgio Dominique Ferreira. (2011) “Destination image: origins,
developments and implications”.Polytechnic Institute of Cávado and Ave
Portugal.
Nuraeni, S.B. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung
Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang, 2013.
Pitana, G. dan Diarta K.S., (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta. Andi
Offset.
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data dan
Penelitian Dengan Spss Dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran.
Yogyakarta: Gava Media.
Putra, S.B. Kumadji, S. dan Hidayat, K. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan
Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dan Keputusan Berkunjung (Survei
Pada Pengunjung Taman Rekreasi PT. Selecta, Kota Batu, Jawa Timur),
Universitas Brawijaya Malang, 2015.
Sekaran, U. (2006). Research Metods For Bussiness ( Metodologi Penelitian
Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.
Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif,
Kualitatif dan RND). Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Efektif, Kognitif Dan
Psikomotor Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
https://www.kaltim.bps.go.id/ (Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegera dan
Dosmestik Ke Kalimatan Timur Tahun 2007 – 2016)
https://dispar.samarindakota.go.id/ (Objek Destinasi dan Tujuan Wisata Kota
Samarinda Kalimantan Timur)
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com