PENGARUH IKLAN TELEVISI, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPOO DOVE DI KOTA SAMARINDA

Hendy Gunawan Sutanto, Syarifah Hudayah, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Hendy Gunawan Sutanto, Pengaruh Iklan Televisi, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Dove Di Kota Samarinda.

Penelitian ini bertujuan untuk Membangun model yang menjelaskan proses Pengaruh Iklan Televisi, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Dove Di Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada wanita dan pria yang berusia 17-40 tahun ke atas dan yang menggunakan Shampoo Dove Di Kota Samarinda. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Pada wanita dan pria yang berusia 17-40 tahun ke atas dan yang menggunakan Shampoo Dove Di Kota Samarinda. Metode pegambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan.


Keywords


Pengaruh Iklan Televisi, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian.

References


Aaker, D. A. 1991. Managing Brand Equity. New York. Free Press.

Agustinawati, 2016. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Shampoo Dove di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner dan Strategis, Volume 5, Nomor 1, Maret 2016. P.1-11.

Andreani, et.al. 2012. Dampak Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Mediator. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Volume 14. Nomor 1. h:64-71.

Arslan, Muhammad, M.Phil. 2014. Impact Of Brand Image And Service Quality On Consumer Purchase Intention: A Study Of Retail Store In Pakistan. Research on Humanities and Social Sciences. 4 (22). h:98-107

Assael, H. 2001. Consumers Behavior And Marketing Actio. Edisi 3. Kent Publishing Company. Boston Massachusset. AS.

Assauri, Sofjan. 2001. Manajemen Produksi Dan Operasi. Edisi Revisi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

____________. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Buchari, Alma. 2004. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Bram, Yudi. F. 2005. Analisis Efektivitas Iklan Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Perusahaan Percetakan dan Penerbitan PT Rambang Dengan Menggunakan Metode EPIC Mode. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya. Volume 3. Nomor 6. Halaman 1-23

Brand Channel. 2009. Desember. Definisi Merek (Online) Tersedia: http://www. brandchannel.com/education_glossary.asp

Cannon, J. P., W. D. Perault And E. J. McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. 16 ed. Jakarta. Salemba Empat

Chen, A.C-H. 2001. Using Free Association To Examine The Relationship Between The Characteristics Of Brand Association And Brand Equity. Journal Of Product And Brand Management. Volume

Dedi Nurdiansyah. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas Di Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung

Durianto. 2003. Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: Gramedia.

Dharmmesta, B.S. 1997. Azas-Azas Marketing. Liberty. Yogyakarta.

Ferdinand, Agusty. 2006. Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen. Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek Dan Psikologi Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro

Hutagaol, Donald, 2014. Pengaruh Kemasan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera utara.

Indriarto, Fidelis. 2006. Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran Dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Volume 5. Nomor 3. pp.243-268

Interbrand. 2014. April. Best Global Brands 2013 (Online) Tersedia: http://www. interbrand.com/en/best-global-brands/2013/Best-GlobalBrands-2013-Brand-View.aspx

Kandampully, J And D. Suhartanto. 2000. Customer Loyalty In The Hotel Industry: The Role Of Customer Satisfaction And Image. Journal Of Contemporary Hospitality Management. 12/6. pp. 346 – 351.

Khasali, Rhenald. 1997. Manajemen Periklanan, Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia. Edisi Revisi. Cetakan Ke Empat. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

_____________. 2002. Manajemen Periklanan. Cetakan Pertama. Grafiti. Jakarta.

_____________. 2007. Manajemen Periklanan. Cetakan Kelima. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Prehallindo. Jakarta.

____________. 2001. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Prenhallindo. Jakarta.

____________. 2002. Manajemen Pemasaran 1. Edisi millenium. Prenhallindo. Jakarta Kotler, Philip,Swee Hoong Ang, Siew Meng Leong dan Chin Tiong Tan. 2004. Manajemen Pemasaran Sudut Pandang Asia. Edisi 3.PT Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta

____________. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan Kontrol. Jakarta. PT Prehallindo.

___________. 2005. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa: Juhardi. Edisi 11. Jilid 1. Jakarta: PT Prehalindo

___________. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 3. Prebalindo: Jakarta.

___________ & Keller, Kevin, Lane. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Indeks

___________ And Gary Armstrong. 2004. Dasar Dasar Pemasaran. Diterjemahkan Oleh: Alexander Sindoro. Edisi 9. Jilid 1. Jakarta: Indeks.

___________ & Armstrong, Gary. 2008. Principles Of Marketing. International Edition. Jilid 12. London: Prentice Hall.

___________. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12. Alih bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

___________. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

___________ dan Keller, Kevin, Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Kusuma, Ryan. 2010. Pengaruh Citra Merek, Perceived Quality dan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Merek Lifebouy”. (Studi Pada Pengguna Shampoo Lifebouy di Kota Surakarta). Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas MaretSurakarta : tidak diterbitkan.

Lin, Nan-Hong Dan Bih-Syah Lin. 2007. The Effect Of Brand Image And Product Knowledge On Purchase Intention. Journal Of International Managements Studies, pp: 121-132.

Majalah SWA. Edisi Maret 2016.

Majalah SWA No.15/XXVI/15-28 Juli 2016 dan No.16/XXV/5 Agustus 2016.

Mustikarillah, Rizki Nurafdal. 2011. Pengaruh Brand Image Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush Pada PT Hadji Kalla Di Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Hasanuddin

Ni Putu Novia Karlina dan Ni Ketut Seminari. 2015. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Volume 4. Nomor 6,.2015: 1610-1623

Nurul Komaryatin. 2009. Pengaruh Iklan Media Televisi Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Melakukan Pembelian. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Volume. 6 Nomor 2 Oktober 2009. Jepara

Purwati, Setiawan, Heri, & Rohmawati. 2012. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS). Volume 2. Nomor 3. September 2012.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rossiter, J.R And L. Percy. 2000. Advertising And Promotion Management. Third Edition. Graw Hill Inc. New York.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran: Falsafah, Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

______________. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Surachman, S.A. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek. Bayumedia Publishing. Malang.

Sutisna, Sunyoto. 2013. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Shimp, Terence. A. 2003. Periklanan Promosi. Edisi Kelima. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Stanton, William J. 2004. Management Pemasaran Modern. PT Grasindo Persada. Jakarta.

Swasta, Basu & Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen. Edisi 1. Cetakan 3. Yogyakarta.

____________ Dan Irawan. 2004. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.

Top Brand Award. 2014. April. Top Brand Index 2014 (Online). Tersedia: http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/surveyresult/top_brand index.2014.

Tjiptono, Fandy. 2000, Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

_____________. 2001. Manajemen Jasa. Penerbit Andi Edisi Kedua: Yogyakarta.

_____________. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

_____________. 2015. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi

Walley, Keith.,Paul Custance And Sam Taylor. 2007. The Importance Of Brand In The Industrial Purchase Decision: A Case Study Of The UK Tractor Market. Journal Of Business & Industrial Marketing. 22(6). pp:383–393

Wells, W, Moriarty, S And Burnett, J. 2006. Advertising: Principles & Practice, 7th ed.

Wijayanti. 2008. Analisis Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek NIKE Di Kota Semarang.

Xian, Gou Li. dkk. 2011. Corporate, Product And User Image Dimensions And Purchase Intentions. Journal Of Computers (6) 9: 1875-1879

Yu, Chih-Ching et.al. 2013. How Brand Image, Country Of Origin, And Self-Congruity Influence Internet Users Purchase Intention. National Taipei University. Social Behavior And Personality. 41(4). pp:599-614

Zeithaml, Valarie A Dan Mary Jo Bitner. 1996. Service Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm. Fourth Edition. New York: Mc Graw-Hill Inc.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com