PENGARUH LEARNING ORGANIZATION DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT TRISENSA MINERAL UTAMA DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

fitri handayani, Djoko Setyadi, dirga lestari AS

Abstract


Fitri Handayani, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Learning Organization, Kepemimpinan Transformasional, terhadap Kepuasan kerja karyawan pada PT. Trisensa Mineral Utama. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini ada 50 responden dari semua populasi yang merupakan karyawan PT Trisensa Mineral Utama. Teknik Pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan, wawancara dan kuesioner.

Hasil pengujian hipotesis sruktur persamaan model satu menunjukan bahwa learning organization berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis model dua menunjukan bahwa Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa PT Trisensa Mineral Utama harus mengembangkan proses belajar dengan baik kepada karyawannya agar proses dalam belajar seseorang dapat mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik, karena proses belajar itu sendiri tidak akan berhenti selama hidupnya supaya seseorang akan meningkatkan kepuasan kerja terhadap perusahaan. Perusahaan juga perlu meningkatkan kepemimpinan suatu organisasi kemampuan dalam memimpin, kepemimpinan yang efektif akan mampu mendorong motivasi orgnisasi sehingga produktifitas sehingga anggota organisasi semakin meningkat dan akan menimbulkan kepuasan dalam bekerja.

Keywords


Learning Organization, Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Karyawan



DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com