PENGARUH BRAND EXPERIENCE, BRAND TRUST dan CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY (STUDI KASUS PADA PENGGUNA GLOBAL BRAND: SAMSUNG di FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN)

Fitria Rachmatiah, Michael Hadjaat, Gusti Noorlitaria Achmad

Abstract


Fitria Rachmatiah, 2018, Pengaruh Brand experience, Brand Trust and Customer Satisfaction  dalam Membangun Brand loyalty (Studi kasus pada pengguna global brand: Samsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman). Pembimbing I Drs. Michael Hadjaat, MM dan Pembimbing II Dr. Gusti Noorlitaria Achmad, SE, MM.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Brand experience, Brand Trust and Customer Satisfaction  dalam Membangun Brand loyalty (Studi kasus pada pengguna global brand: Samsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)..

Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, Analisis Korelasii,Analisis Determinasi dan Diuji Oleh Uji F dan Uji T-test yang dihitung dengan menggunakan program komputer statistik Versi SPSS 20.

   Fungsi regresi dari penelitian ini Y = 8106+0.756X1-0.428X2+0.712X3 hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand experience, Brand Trust and Customer Satisfaction memiliki pengaruh yang positif dan secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap dalam membangun Brand loyalty smartphone Samsung.

Secara parsial Brand experience berpengaruh positif dalam menbangun Brand loyalty semakin tinggi Brand experience semakin tinggi membangun Brand loyalty, Brand Trust berpengaruh negatif semakin besar Brand Trust semakin menurun dalam membangun  Brand loyalty  , dan semakin tinggi pelayanan yang diberikan dalam membangun Brand loyalty maka akan berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction  .


Keywords


kualitas merek, kepercayaan dan komitmen merek, loyalitas konsumen

References


Alwi, Hasan. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Augustin, C. & Singh, J. (2005) Curvilinear effects of consumer loyalty determinants in relational exchanges. Journal of Marketing Research

Brakus, J.J., Schmitt, B.H & Zarantonello, L. (2009). “Brand Experience : What is it? How is it Meassured? Does it Affect Loyalty? Journal of Marketing, Vol.73, No.2, pp

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta : Graha Ilmu

Ganesan, S. 1994. Determinants of Long-Term Orientation in Buyer-Seller Relationships. Journal of Marketing

Istjanto. (2009) Customer Experience. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid Satu. Edisi Kedelapan, Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip, dan Armstrong, 2013, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 14. Jakarta:Indeks

Lau, Geok Then & Sook Han Lee. 1999. Consmers trust in a brand and the link to brand loyalty . Journal of Market Focused Management

Ratih Hurriyati, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.

Rangkuti, Freddy. 2015. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Schmitt, 1999. Experential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York : The Free Press

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com