PENGARUH BRAND EXPERIENCE, BRAND TRUST dan CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY (STUDI KASUS PADA PENGGUNA GLOBAL BRAND: SAMSUNG di FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN)
Abstract
Fitria Rachmatiah, 2018, Pengaruh Brand experience, Brand Trust and Customer Satisfaction dalam Membangun Brand loyalty (Studi kasus pada pengguna global brand: Samsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman). Pembimbing I Drs. Michael Hadjaat, MM dan Pembimbing II Dr. Gusti Noorlitaria Achmad, SE, MM.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Brand experience, Brand Trust and Customer Satisfaction dalam Membangun Brand loyalty (Studi kasus pada pengguna global brand: Samsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)..
Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, Analisis Korelasii,Analisis Determinasi dan Diuji Oleh Uji F dan Uji T-test yang dihitung dengan menggunakan program komputer statistik Versi SPSS 20.
Fungsi regresi dari penelitian ini Y = 8106+0.756X1-0.428X2+0.712X3 hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand experience, Brand Trust and Customer Satisfaction memiliki pengaruh yang positif dan secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap dalam membangun Brand loyalty smartphone Samsung.
Secara parsial Brand experience berpengaruh positif dalam menbangun Brand loyalty semakin tinggi Brand experience semakin tinggi membangun Brand loyalty, Brand Trust berpengaruh negatif semakin besar Brand Trust semakin menurun dalam membangun Brand loyalty , dan semakin tinggi pelayanan yang diberikan dalam membangun Brand loyalty maka akan berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction .
Keywords
References
Alwi, Hasan. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Augustin, C. & Singh, J. (2005) Curvilinear effects of consumer loyalty determinants in relational exchanges. Journal of Marketing Research
Brakus, J.J., Schmitt, B.H & Zarantonello, L. (2009). “Brand Experience : What is it? How is it Meassured? Does it Affect Loyalty? Journal of Marketing, Vol.73, No.2, pp
Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta : Graha Ilmu
Ganesan, S. 1994. Determinants of Long-Term Orientation in Buyer-Seller Relationships. Journal of Marketing
Istjanto. (2009) Customer Experience. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid Satu. Edisi Kedelapan, Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip, dan Armstrong, 2013, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 14. Jakarta:Indeks
Lau, Geok Then & Sook Han Lee. 1999. Consmers trust in a brand and the link to brand loyalty . Journal of Market Focused Management
Ratih Hurriyati, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.
Rangkuti, Freddy. 2015. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Schmitt, 1999. Experential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York : The Free Press
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i4.5129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com